Home / Berita / Pendidikan / Regional

Minggu, 21 Januari 2024 - 19:40 WIB

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Pemberdayaan Keluarga, Menuju Rumah Sehat tanpa Kehadiran Asap Rokok

Doc. Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13 (Istimewa)

Doc. Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13 (Istimewa)

Mahasiswa PBL II Posko 13 FKM Universitas Hasanuddin melakukan intervensi sebagai upaya peningkatan kesadaran perilaku tentang bahaya merokok dalam rumah pada masyarakat di Masjid Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari dengan masjid yang berbeda, yakni Maskid Darul Falah di Dusun Ujung Batu dan Masjid Babussalam di Dusun Leang Lonrong. Sasaran penyuluhan adalah masyarakat Desa Panaikang, baik itu perokok aktif maupun perokok pasif.

Pencegahan perilaku merokok dalam rumah dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs) disebutkan dalam tujuan ketiga, yaitu mencapai kesehatan dan kesejahteraan bagi seluruh individu. Untuk mencapai target holistic tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan dan pemasangan stiker “Rumah Tanpa Asap Rokok” sebagai upaya peningkatan kesadaran perilaku seperti yang dilakukan oleh Posko 13 di Desa Panaikang.

Baca Juga  Dosen dan Mahasiswa FKM UNHAS Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Minasa Upa, Maros

Penyuluhan tentang rumah kawasan asap rokok dikemas menarik dengan instrumen menonton short film bersama kemudian membedah isi dari short film berdasarkan perspektif dari peserta. Setelah itu, dilakukan pemberian materi tentang bahaya merokok dalam rumah. Diskusi dilakukan setelah sesi pemberian materi dengan membuka sesi tanya jawab yang diikuti oleh peserta dengan aktif.

“Kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak sekalian sangat berguna apalagi kami disini termasuk perokok berat yang susah sekali untuk berhenti merokok dan melalui kegiatan penyuluhan yang dilakukan ini semoga bisa mengurangi perokok yang ada dalam rumah”, ucap Sakaria selaku salah satu peserta dalam penyuluhan tersebut. Mariam Ulfah dalam penyuluhannya menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran perilaku tentang bahaya merokok dalam rumah tetapi juga sebagai upaya dalam menurunkan angka kematian yang diakibatkan oleh perilaku merokok.

Baca Juga  Posko 5 PBL II melakukan Kegiatan Penyuluhan terkait BBLR dan MP-ASI guna Membangun Fondasi Kesehatan Optimal di Kalangan Masyarakat

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh oleh dekan FKM Universtas Hasanuddin Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc, Ph.D dan supervisor Posko 13 Bapak Yusri Abadi, SKM, M.Kes serta melibatkan berbagai stakeholder dan masyarakat dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Program ini diharapkan adanya kesadaran masyarakat akan masalah kesehatan terutama akibat merokok dalam ruangan dan masyarakat Desa Panaikang bisa mencapai taraf kesehatan yang optimal.

Share :

Baca Juga

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Berpartisipasi dalam Unhas Open Day 2024

Berita

Posko 21 PBL II FKM Unhas Melakukan Intervensi Kesehatan Berupa Pemasangan Poster “Kenali Kualitas Air yang Baik” di Desa Punranga

Berita

Prodi S2K3 FKM Unhas Adakan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024

Berita

Metode Virtual Reality Efektif Meningkatkan Pemahaman Remaja Awal Tentang Pencegahan HIV-AIDS

Berita

Dosen FKM Unhas Ajak Remaja SMP Berinternet Aman dan Sehat

Berita

Mahasiswa PBL III Posko 09 FKM Unhas Evaluasi Program Prioritas untuk Dukung Tercapainya SDGs di Kelurahan Tumampua

Berita

Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa Wisuda 10 Santri RQSD Putri Angkatan I dan Terima 6 Santri Baru Angkatan II

Berita

FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Desember Tahun 2023