Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 6 November 2023 - 14:42 WIB

Departemen Biostatistik/KKB FKM UNHAS Menggelar FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah

Doc. FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah Departemen Biostatistik/KKB (Istimewa)

Doc. FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah Departemen Biostatistik/KKB (Istimewa)

Departemen Biostatistik/KKB Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pemutakhiran RPS Mata Kuliah Program Studi S1 dan S2 di Hotel Dalton Makassar. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 5-6 November 2023 dan dihadiri oleh 23 orang yang terdiri dari unsur Pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Dosen Departemen Biostatistik/KKB, Tenaga Pendidik, dan mahasiswa.

Ketua Panitia kegiatan, Rahma, SKM.,M.Sc(PHC), mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah dimutakhirkan dan disesuaikan dengan Kurikulum Nasional Program Studi Kesehatan Masyarakat 2023 serta kurikulum Unhas 2023.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Prof. Sukri Palutturi, SKM.,M.Kes.,M.Sc.PH.,Ph.D selaku Dekan FKM Unhas. Beliau berharap narasumber yang hadir dapat memberikan input dalam penyusunan RPS, sehingga RPS yang dihasilkan mampu menunjang proses pendidikan yang ada di FKM Unhas dan ke depannya menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Dr. Apik Indarty Moedjiono, SKM.,M.Si selaku Ketua Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas memaparkan mata kuliah baru yang disesuaikan dengan kurikulum APTKMI. “Ada 7 mata kuliah umum wajib dan 10 mata kuliah peminatan yang kami adopsi dari kurikulum Nasional Program Studi Kesehatan Masyarakat AIPTKMI. Mata kuliah yang kita ambil ini sesuai dengan komposisi kompetensi ahli kesehatan masyarakat.” Ujarnya.

Baca Juga  Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FKM Unhas Hadirkan Pakar Healthy Cities Dunia dari Korea Selatan

Komposisi kompetensi ahli kesehatan masyarakat yang dimaksud adalah manager, leader, researcher, educator, communicator, entrepreneur, dan consultant. Selain itu, Dr. Apik Indarty Moedjiono, SKM.,M.Si juga menambahkan bahwa perkembangan ruang lingkup kesehatan masyarakat merupakan kombinasi dari matode atau alat (praktik) dan substansi (teori). Berdasarkan Panduan Kurikulum Nasional Program Studi Kesehatan Masyarakat APTKMI, mata kuliah Departemen Biostatistik/KKB kuat dalam dua aspek tersebut, dimana ilmu biostatistik dan kependudukan masuk dalam aspek metode atau alat, sementara kesehatan reproduksi masuk dalam aspek substansi.

Doc. Dosen Departemen Biostatistik/KKB (Istimewa)

Kegiatan FGD ini berjalan dengan lancar dan aktif dibuktikan dengan antusiasme narasumber memberikan tanggapan terhadap mata kuliah Departemen Biostatistik/KKB pada sesi diskusi. “Berdasarkan struktur mata kuliah, Departemen Biostatistik/KKB sangat sesuai dengan spesifikasi pegawai yang dibutuhkan oleh BKKBN” Ucap Yusitriani, S.KM, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan ini.

Baca Juga  Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Penyusunan Kurikulum Berbasis OBE

Narasumber lainnya juga menyoroti mata kuliah baru departemen Biostatistik/KKB yang sangat menarik dan sesuai dengan kompetensi tenaga ahli kesehatan masyarakat yang mereka butuhkan. Adapun saran yang diberikan oleh para narasumber berkaitan dengan durasi magang mahasiswa Departemen Biostatistik/KKB, pelibatan praktisi mengajar, dan mata kuliah yang harus menggunakan metode perkuliahan project base learning dan case study.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Suryanarni Sultan, S.KM., MPH dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Yusitriani, S.KM dari BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Hariani Jompa, S.KM., M.Kes dan Yani Ringan Runde, S.ST dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Wahyudin, S.H., M.Kes dari  BNN Provinsi Sulawesi Selatan, dan Maupe, SKM., M.Kes yaitu Ketua Asosiasi Penyuluh KB Kota Makassar.

Share :

Baca Juga

Berita

Melalui FGD, Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas bersama Pemdes Bulu Cindea dan DLH Kab. Pangkep Komitmen untuk Mengaktifkan Kembali Bank Sampah

Berita

Seminar awal di Posko 16 Praktik Belajar Lapangan II Kelurahan Bonto-Bonto Sukses diselenggarakan dengan kehadiran langsung Camat Ma’rang

Berita

Prodi S2K3 FKM Unhas Adakan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024

Berita

FKM UNHAS GELAR SOSIALISASI PERATURAN REKTOR TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR

Berita

Mahasiswa FKM UNHAS meraih prestasi di Final The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (IPHO)

Berita

UNHAS PEDULI BENCANA SULSEL 2024

Berita

Mahasiswa PKIP FKM Unhas Dibekali Keterampilan KAP Sebelum Magang

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Berpartisipasi dalam Sustainable Urban Development Program (SUDP) di Thammasat University, Thailand