Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 15 September 2023 - 08:16 WIB

BKKBN Supervisi Kegiatan Pendampingan Unhas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bantaeng

Doc. Supervisi Kegiatan Pendampingan Unhas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bantaeng (Istimewa)

Doc. Supervisi Kegiatan Pendampingan Unhas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bantaeng (Istimewa)

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana) yang diwakili oleh Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk, Dr. Munawar Asikin bersama tim melakukan kunjungan supervisi di Kabupaten Bantaeng, Kamis – Jumat, 14 – 15 September 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat proses pendampingan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam percepatan penurunan stunting di dua desa yaitu Desa Pajukukang dan Desa Borongloe. Kunjungan ini didampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Shodiqin, SH, MM bersama tim.

Doc. Pendampingan Unhas dalam Percepatan Penurunan Stunting (Istimewa)

Kunjungan dimulai dengan melihat kegiatan di Posyandu Flamboyan di Desa Pajukukang yang didampingi oleh Prof. Veni Hadju bersama tim Universitas Hasanuddin Bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantaeng. Tim melihat proses kegiatan posyandu yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dan kader posyandu. Pada kegiatan ini juga dilakukan edukasi singkat terkait imunisasi rotavirus yang dibawakan oleh Muhammad Rachmat dengan menerapkan permainan tepuk virus-finish.

Baca Juga  FKM UNHAS Sukses Menyelenggarakan Konferensi Internasional Secara Hybrid: The 1st ICEGH (International Conference On Epidemiology and Global Health)

Kegiatan selanjutnya yaitu bertemu dengan keluarga baduta yang menjadi sasaran pendampingan oleh tim Universitas Hasanuddin. Pertemuan ini dilakukan di Kantor Desa Pajukukang dan disambut hangat oleh Kepala Desa Pajukukang. Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Munawar Asikin menyapa satu per satu ibu baduta tersebut dan juga melakukan wawancara dengan berbagai pihak.

Baca Juga  Tim BKKBN – Unhas Lakukan Pertemuan Lintas Sektor di Kabupaten Bantaeng

Kunjungan berikutnya ke Kantor Desa Borongloe. Di sana, tim bertemu dengan ibu baduta yang menjadi sasaran pendampingan Unhas. Tim juga melihat berbagai inovasi MP-ASI yang dibuat oleh kader dari bahan pangan lokal yang kaya protein hewani. MP-ASI ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pencegahan dan penanganan stunting. Setelah itu, tim berkunjung ke UPT Pusat Layanan Gizi Terpadu yang dimiliki oleh Kabupaten Bantaeng, satu-satunya di Indonesia.

Share :

Baca Juga

Berita

LD Al-Aafiyah FKM Unhas Bersama Pemerintah Desa Ulaweng Cinnong Siap Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Gelar Kegiatan PBL 1 di Kecamatan Balocci, Pangkajene dan Kepulauan

Berita

Tim Dosen Unhas Bersama BKKBN Percepat Penurunan Stunting di Bantaeng

Berita

DOSEN DAN MAHASISWA S2K3 FKM UNHAS MENJADI DELEGASI INDONESIA DI APOSHO CONFERENCE MALAYSIA

Berita

Workshop Pemutakhiran Kurikulum K-23 Prodi S1 dan S2 Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS

Berita

Mengatasi Kualitas Fisik Air di Desa Bulu Tellue, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melaksanakan Pelatihan dan Pembuatan Penjernihan Air Sederhana

Berita

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Berita

Seminar Awal Mahasiswa PBL 2 Posko 12 FKM Unhas: Upaya Peningkatan Kesehatan di Desa Kabba