Home / Uncategorized

Rabu, 11 September 2024 - 12:59 WIB

Kolaborasi FKM Unhas dengan UPM Malaysia dalam Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Sabun di Kampung Kera-Kera

Doc. Pengabmas FKM Unhas dan UPM Malaysia  (Istimewa)

Doc. Pengabmas FKM Unhas dan UPM Malaysia (Istimewa)

Makassar,11 September 2024-Sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan dosen dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Putra Malaysia (UPM) melaksanakan kegiatan pengolahan minyak jelantah menjadi sabun di RW 06 Kampung Kera-kera, Kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 11 September 2024, dengan melibatkan 20 ibu rumah tangga sebagai peserta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengolahan limbah minyak jelantah agar tidak dibuang sembarangan dan berpotensi merusak lingkungan. Selain itu, minyak jelantah yang diolah menjadi sabun dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan rumah tangga, seperti mencuci baju dan piring, sehingga menghemat pengeluaran keluarga.

Dr. Saliza, dosen dari Universitas Putra Malaysia yang terlibat dalam kegiatan ini, menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan minyak jelantah menjadi sabun sudah diterapkan di Malaysia. “Di Malaysia, kami telah membimbing masyarakat untuk memproduksi sabun dari minyak jelantah, yang kemudian dipasarkan sebagai sumber pendapatan. Saya berharap masyarakat Kampung Kera-kera juga dapat melakukan hal yang sama, atau paling tidak, mereka bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah tangga,” ungkap Dr. Saliza. Beliau juga menambahkan bahwa dari 200 gram minyak jelantah dapat menghasilkan 5 hingga 6 batang sabun kecil. Ini merupakan langkah awal untuk memberdayakan masyarakat agar limbah dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat serta memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga  Pelatihan Drafting Policy Brief pada Seminar, Workshop dan Rakernas VIII Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI)

“Kami dari Departemen Kesehatan Lingkungan ingin mengedukasi masyarakat tentang cara mengelola limbah agar tidak membahayakan lingkungan dan kesehatan. Ini juga merupakan upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan.” ujar Hasnawati Amqam selaku Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga  Masa Depan Sehat Dimulai Hari ini: Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Unhas bersama UPTD Puskesmas Cangadi Gencarkan Pencegahan Anemia Pada Remaja Sebagai Upaya Capai SDGs

Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya mencapai beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan (SDG 12 – Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab) serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat (SDG 1 – Tanpa Kemiskinan). Dengan mengurangi limbah berbahaya dan menciptakan produk yang bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari, inisiatif ini membantu mendorong kesadaran lingkungan dan membuka peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.

Selain edukasi lingkungan, kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk menjadikan sabun dari minyak jelantah sebagai sumber penghasilan tambahan. Produk sabun yang dihasilkan dapat dipasarkan, sehingga meningkatkan ekonomi warga setempat.

Dengan kolaborasi antaruniversitas ini, baik Unhas maupun Universitas Putra Malaysia berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan masyarakat yang lebih peduli terhadap lingkungan sekaligus berdaya secara ekonomi.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Mahasiswa FKM Universitas Hasanuddin Ikut BERSINAR (Bersih Narkoba) Bersama BNNP Sulawesi Selatan

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Pendampingan Kader Mengurangi Kejadian Unmet Need Kontrasepsi di Kelurahan Coppo, Barru: Langkah Konkrit Mendukung Pencapaian SDGs 3.1

Uncategorized

Tingkatkan Kompetensi Kader, Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Adakan Pelatihan Pemantauan Tumbuh-Kembang Balita di Puskesmas Ma’rang, Kabupaten Pangkep

Uncategorized

SEMINAR AWAL POSKO 13 PBL III FKM UNHAS

Uncategorized

FKM Unhas dan Universiti Putra Malaysia Perkuat Kolaborasi Internasional melalui Collaboration Meeting

Uncategorized

Pengabdian Masyarakat Departemen Gizi Unhas : Edukasi Jajanan Sehat Anak Sekolah di wilayah pesisir SD 28 Kassikebo Pangkep

Uncategorized

Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Berkontribusi Dalam Penyuluhan “Bahaya Merokok Pada Anak Sekolah “ Puskesmas Tamalanrea, Dukung Pencapaian SDGs Indonesia

Uncategorized

Persakmi Gelar Workshop Penyusunan Indikator Prioritas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Risiko