Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 1 Agustus 2024 - 20:57 WIB

KKNT Unhas Sinjai 6 Desa Gantarang Sukses Membuat Video Profil Desa Gantarang

Desa Gantarang merupakan desa yang kebanyakan masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Kawasan di Desa Gantarang memiliki banyak potensi sumber daya alam yang melimpah seperti cengkeh, kopi, pala, coklat, dan porang, dan juga memiliki beberapa tempat destinasi bersejarah yang indah untuk dikunjungi.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Sinjai 6 Gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) di bawah supervisi DPK KKN Muhammad Rachmat melaksanakan program kerja tentang pembuatan video profil desa untuk menunjukkan eksistensi dan menampilkan informasi-informasi yang ada di Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Kamis (1/8/2024).

Metode kegiatan pengabdian Masyarakat dalam pembuatan video profil Desa Gantarang ini dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap konsep dan tahap praktik. Dalam pencarian ide cerita video profil Desa Gantarang, dilakukan beberapa metode. Yaitu metode pencarian ide video melalui tahapan penentuan tempat dan spot serta kegiatan masyarakat, yang juga beberapa informasi desa didapat dari aparat desa.

Baca Juga  Posko 26 FKM Unhas Gelar Seminar Awal PBL 1 di Desa Coppo Tompong, Pangkep

Taufiq selaku penanggungjawab dari program kerja ini menjelaskan bahwa melalui video profil desa, akan menggambarkan potensi, tantangan, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Gantarang. Video ini menjadi sarana untuk memperkenalkan Desa Gantarang kepada masyarakat luas serta para pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, dan pemerintah setempat.

“Video profil desa ini bukan hanya sebagai sarana memperkenalkan desa, tetapi juga sebagai wadah rasa kebanggaan warga Desa Gantarang tentang tempat yang mereka tinggali,” ujarnya. Meskipun Desa Gantarang memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah, namun masih banyak masyarakat luar yang belum mengetahui mengenai hal-hal yang ada di Desa Gantarang ini.

Baca Juga  Universitas Hasanuddin Siap Mendirikan Program Studi Profesi Dietisien

“Sebenarnya Desa Gantarang ini memiliki banyak potensi sumber daya alam yang sering kami jual untuk diolah oleh para distributor luar, tetapi kami berharap melalui video profil desa ini maka semakin banyak khalayak luar yang mengetahui keindahan dan keberagaman yang ada di Desa Gantarang,” ungkap Insan, Kepala Desa Gantarang. Program kerja ini sangat didukung penuh oleh Bapak Kepala Desa serta masyarakat, yang dimana ini akan menjadi awal perkenalan desa sebagai bentuk perkembangan potensi-potensi yang ada di Desa Gantarang.

Share :

Baca Juga

Berita

Dihadiri Langsung oleh Lurah Bonto-Bonto, Posko 16 PBL II Sukses Melaksanakan Edukasi Bahaya Perilaku Merokok pada Pemuda di Kelurahan Bonto-Bonto

Berita

DIES NATALIS KE-42 FKM UNHAS DIBUKA DENGAN KICK OFF LOMBA OLAHRAGA DAN SENI

Berita

FKM Unhas Adakan Kegiatan PKKMB 2024 dengan Semangat Membangun Generasi Muda Berdaya dan Berkarya untuk Indonesia Maju

Berita

MP-ASI KAYA PROTEIN HEWANI CEGAH STUNTING: Magister Ilmu Gizi , Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Desa Gantarang Dampingi Inovasi Pengolahan Ikan Air Tawar Menjadi Abon

Berita

Langkah Inovatif: Pemasangan Papan Wicara Terkait Penguraian Sampah dalam Mendorong Kesadaran Lingkungan di Desa Punranga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Murid SD di Desa Pamatata Selayar untuk Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Berita

Tim Peneliti Departemen PKIP FKM Unhas Raih Hibah Internal LPPM Unhas untuk Penelitian Kesehatan Mental Pasien TB Komorbid di Makassar