Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 15 Januari 2024 - 10:31 WIB

Mahasiswa PBL FKM Unhas Mengadakan Intervensi Terkait Bahaya Merokok dengan Tema PINTAR; “Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok” di SDN 38 TamarUPA, Desa Tamarupa

Doc. Intervensi Terkait Bahaya Merokok (Istimewa)

Doc. Intervensi Terkait Bahaya Merokok (Istimewa)

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas yang sedang mengikuti Praktik Belajar Belajar Lapangan (PBL) II mengadakan intervensi kesehatan mengenai bahaya merokok dengan tema Pelajar Interaktif Tolak Asap Rokok (PINTAR) di SDN 38 Tamarupa, Desa Tamarupa, Kabupaten Pangkep, Senin (15/1).

Program PINTAR  disertai dengan demonstrasi sederhana mengenai bahaya merokok diberikan kepada siswa-siswi kelas 4 & 5 Sekolah Dasar 38 Tamarupa. Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi para generasi muda mengenai bahaya merokok.

Kegiatan penyuluhan bahaya merokok disertai dengan demonstrasi yang dilakukan di dalam perpustakaan SDN 38 Tamarupa ini merupakan program intervensi yang disusun oleh osko 29 Desa Tamarupa. Kegiatan ini merupakan bentuk upaya pemberdayaan melalui penyuluhan untuk menambah pengetahuan siswa-siswi tentang pentingnya menghindari rokok.

Baca Juga  Mahasiswa Posko 3 PBL 2 FKM Unhas Sukses Laksanakan Seminar Awal, Bahas Salah Satu Solusi yaitu BBLR Pada Baduta yang Menjadi Fokus Dunia Dalam SDGs

Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari para guru serta Kepala Sekolah Dasar 38 Tamarupa. Siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa perlu ditanamkan mengenai bahaya merokok sejak dini untuk menghindari perilaku mrokok, menjauhkan diri dari pergaulan merokok dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Baca Juga  PBL1 Posko 1 Kelurahan Balleangin FKM Unhas: Identifikasi Masalah Kesehatan dan Kontribusi terhadap SDGs

Program PINTAR berfokus pada peningkatan pengetahuan serta kesadaran mengenai dampak buruk perokok aktif dan perokok pasif, dengan harapan agar siswa-siswi terdorong untuk menajaga kesehatan dan menjauhkan diri dari pengaruh rokok.

Setelah pemberian materi penyuluhan, dilakukan juga penempelan poster mengenai Dampak Buruk Perokok Aktif & Perokok Pasif yang dilakukan bersama-sama dengan salah satu perwakilan siswa kelas 5 di depan perpustakaan SDN 38 Tamarupa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dengan aktif dan terlaksana dengan baik dan lancar.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa PKIP FKM Unhas Dibekali Keterampilan KAP Sebelum Magang

Berita

Mahasiswa KKNT Gelombang 110 Ajak Murid SD Desa Bontotangnga Gemar Makan Buah dan Sayur

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Gelar Kegiatan PBL 1 di Kecamatan Balocci, Pangkajene dan Kepulauan

Berita

Departemen PKIP FKM Unhas Adakan FGD Pengembangan Kurikulum 2023

Berita

Departemen Epidemiologi FKM Unhas Menggelar FGD untuk Rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Berita

Tingkatkan Cakupan Imunisasi, Mahasiswa PBL II Posko 09 FKM Unhas Bagikan Kalender Jadwal Imunisasi Posyandu di Kelurahan Kalabbirang

Berita

PENGENALAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI BIDANG PERTANIAN: MAHASISWA POSKO 21 PBL FKM UNHAS TERJUN LANGSUNG KE PETANI DI DESA PUNRANGA

Berita

Kegiatan Sosial Operasi Phaco, RSUD Morowali bekerja sama Fakultas Kedokteran Unhas