Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 29 Februari 2024 - 23:42 WIB

Kualitas Proposal PKM 2024 Makin Dimatangkan, FKM Unhas Gelar Finalisasi Draft dan Submit Proposal PKM

Doc. Peserta PKM FKM Unhas 2024 (Istimewa)

Doc. Peserta PKM FKM Unhas 2024 (Istimewa)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin mengadakan finalisasi draft dan submit proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)  untuk 56 tim PKM  FKM Unhas pada hari Kamis, 29 Februari 2024 yang berlangsung di Ruang Prof. Dr. Nur Nasry Noor, MPH dan Ruang Kandouw FKM Unhas. Kegiatan yang dibagi  empat sesi waktu tersebut untuk membantu proses submit proposal PKM yang terdiri atas 6 skim PKM yaitu PKM Riset Humaniora sebanyak 5 tim, PKM Pengabdian Masyarakat  15 tim, PKM Kewirausahaan 12, PKM Video Gagasan Kreatif 4 tim, PKM Gagasan Futuristik Tertulis 8 tim dan PKM Artikel Ilmiah sebanyak 12 tim. Tim PKM FKM Unhas didampingi oleh 25 dosen pendamping yang bertugas melakukan pembimbingan, serta validasi terhadap proposal yang sudah disubmit oleh tim PKM. Kegiatan ini dipimpin dan diarahkan langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Wahiduddin, SKM.,M.Kes. Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa dosen pendamping untuk melakukan diskusi dengan mahasiswa tim PKM FKM Unhas yang hadir.

Doc. Sambutan dan Arahan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Wahiduddin, SKM.,M.Kes (Istimewa)

Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa “Program Kreativitas Mahasiswa ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat diapresiasi oleh universitas. Proses dan tahapan PKM mampu memperkuat diri kalian dalam pengembangan diri sebagai mahasiswa. Akan tetapi, meskipun banyak dari kalian yang berminat mengikuti PKM tetapi kalian sebagai mahasiswa harus pandai dalam menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan kegiatan PKM. Ada beberapa informasi yang sekiranya bisa saya sampaikan agar diharapkan teman-teman mahasiswa menjadi jauh lebih semangat mengikuti kegiatan PKM ini. Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa pengakuan atau rekognisi terhadap PKM ini semakin baik. Bahkan di tingkat senat pun memberi apresiasi lebih bagi mahasiswa yang meraih prestasi-prestasi tertentu pada ajang PKM ini. Contoh misalnya, kami masih mengusahakan di tingkat senat agar mahasiswa yang berhasil lolos masuk ke PIMNAS pada skim tertentu akan dibebaskan skripsi. Bukan hanya lolos PIMNAS saja tetapi sampai pada tahap pendanaan pun diusahakan mahasiswa selalu memperoleh pengakuan atas perjuangan yang sudah diraih selama menjalani PKM. Saya ambil contoh lagi, mahasiswa FKM yang misalnya lolos PIMNAS atau pendanaan pada skim pengabdian masyarakat mendapatkan reward berupa dibebaskan pada mata kuliah PBL karena skim pengabdian masyarakat sama halnya dengan mata kuliah PBL dengan turun lapangan langsung ke masyarakat”. Tim Pokja Tim Tim Pokja Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa dari FKM Unhas yang turut mendampingi Bapak Muh. Fajaruddin Natsir, S.KM., M.Kes.juga menyampaikan bahwasannya seluruh tim PKM FKM Unhas yang hadir pada hari ini diharapkan sudah siap dan telah diskusi serta memperoleh persetujuan dengan dosen pendamping sehingga langsung submit dan upload proposalnya pada hari ini. Karena, PKM membutuhkan beberapa tahapan mulai dari verifikasi ke dosen pendamping hingga verifikasi ke tingkat universitas sehingga ketika sudah siap langsung segerakan untuk di upload.

Doc. Finalisasi Draft dan Submit Proposal PKM 2024 (Istimewa)

Kegiatan PKM diharapkan memberikan dampak yang sangat positif  terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. PKM dapat dijadikan sebagai ajang dalam mengembangkan potensi  dan serta menjadi wadah dalam berkreasi dan berinovasi ucap Muh. Fajaruddin Natsir, SKM., M. Kes (Dosen FKM Unhas).

Baca Juga  PBL II FKM UNHAS Sukses Gelar Intervensi Permainan Edukasi: Pentingnya Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri di Desa Coppo Tompong

 

Share :

Baca Juga

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Melangkah Lebih Jauh dalam Peningkatan Bahasa Inggris Mahasiswa dengan Resmi Membentuk Winslow English Club (WEC)

Berita

FKM UNHAS Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Profesi Kesehatan Masyarakat (Kesmas)

Berita

Mahasiswa FKM UNHAS meraih prestasi di Final The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (IPHO)

Berita

SEMINAR AWAL DI POSKO 27 PRAKTIK BELAJAR LAPANGAN III (PBL III) DESA MANDALLE BERHASIL DISELESAIKAN DENGAN SUKSES

Berita

Ditjen Dikti Kemendikbudristek Lakukan Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Berita

Launching Purwarupa Human Centered Design Di Puskesmas Air Besar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi Di Kota Ambon

Berita

Tim Peneliti Departemen PKIP FKM Unhas Raih Hibah Internal LPPM Unhas untuk Penelitian Kesehatan Mental Pasien TB Komorbid di Makassar