Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:12 WIB

Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Siswa SDN Lakkang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan Program Bina Desa Mahasiswa

Doc. Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024 di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar (Istimewa)

Doc. Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024 di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar (Istimewa)

Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, 15 Mei 2024-Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2024 di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Program ini dilaksanakan oleh Forum Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan Gizi, mengusung kegiatan ”Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun” di SD Negeri Lakkang.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Wakil dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas, Dr Wahiduddin, SKM., M.Kes yang menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Kepala SDN Lakkang, Ibu Nuriati yang menyampaikan apresiasinya atas inisiatif ini dan sekaligus membuka rangkaian kegiatan Program Bina Desa ini.

Baca Juga  Mahasiswa PBL II FKM Unhas Edukasi Masyarakat Mengenai Pengolahan Sampah Melalui Media Poster untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Kegiatan edukasi ini di dampingi oleh Dosen Departemen Epidemiologi, Ibu Ryza Jazid Baharuddin Nur, SKM., MKM. Sasaran utama kegiatan ini adalah siswa kelas 5 SDN Lakkang, dengan tujuan untuk mengajarkan cara cuci tangan yang baik dan benar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka dan mempengaruhi perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat.

Doc. Praktik cuci tangan yang benar (Istimewa)

Tim Bina Desa FKM UNHAS memberikan edukasi mengenai pentingnya mencuci tangan dengan sabun, kapan saja harus mencuci tangan, serta penyakit yang bisa timbul akibat tidak mencuci tangan dengan benar. Setelah pemberian materi, siswa diajak untuk melakukan praktik cuci tangan yang benar dengan sabun, dipandu oleh mahasiswa. Diakhir kegiatan dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara siswa dan tim, untuk memastikan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.

Baca Juga  Mahasiswa Posko 1 PBL FKM Unhas Sukses Laksanakan Seminar Awal, Bahas Solusi SPAL sebagai Respons terhadap Poin 6 SDGs Air Bersih dan Sanitasi Layak

Program ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengaplikasikan ilmu kesehatan masyarakat langsung ke masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan kegiatan untuk mencapai Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Melalui edukasi ini, diharapkan para siswa dapat menerapkan cara cuci tangan yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarkan pengetahuan ini kepada keluarga dan teman-teman mereka. Program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Share :

Baca Juga

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Lakukan Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Anak SD di Balleangin, Pangkep

Berita

Inovasi Mahasiswa KKNT Unhas: ‘Kelor Seduh’ Melawan Stunting di Desa Bontosunggu, Selayar

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Mendorong Kesadaran Gizi Melalui Penyuluhan Tablet Tambah Darah (TTD) dalam Rangka Capai Target SDGs 2 dan 3 Tahun 2030

Berita

Seminar Awal PBL III FKM Unhas di Balleangin: Posko 1 dan 33 Bahas Evaluasi Program Kesehatan

Berita

Ditjen Dikti Kemendikbudristek Lakukan Visitasi Desa Sehat Winslow Tim PPK Ormawa BEM FKM Unhas

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Menggelar Aksi Penanaman Bibit Pohon Ketapang Kencana di Desa Bontotangnga

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Training of Trainer KAP Unicef di Tangerang

Berita

Mahasiswa PBL 1 Posko 33 FKM Unhas Gelar FGD Solusi Kesehatan Masyarakat di Balleangin, Kab. Pangkep