Home / Berita / Pendidikan

Senin, 26 Juni 2023 - 09:25 WIB

Mahasiswa PBL III FKM Unhas di Kelurahan Bonto Matene Evaluasi Program yang Mendorong Pencapaian SDGs

Doc. Evaluasi Program (Istimewa)

Doc. Evaluasi Program (Istimewa)

Senin, 26 Juni 2023, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan seminar akhir Praktik Belajar Lapangan III di Kelurahan Bonto Matene, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk memaparkan dan mengevaluasi hasil Praktik Belajar Lapangan (PBL) yang telah dilakukan oleh mahasiswa Posko 33 Kelurahan Bonto Matene dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Acara seminar dihadiri oleh mahasiswa, aparat pemerintahan setempat, dan masyarakat Kelurahan Bonto Matene, yang berlangsung dengan khidmat di aula Kelurahan Bonto Matene. Kelompok mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PBL ini terdiri dari Dewi Apriyanti, Yuli Fathiyah Haris, Asyifa Zahrany, A. Sri Ratnawati, dan Nanang Kurniawan, dengan dosen pendamping Muhammad Rachmat, SKM, MKes.

Dalam seminar tersebut, Dewi Apriyanti selaku Koordinator Kelurahan Bonto Matene memaparkan program kerja PBL dan hasil evaluasinya. Berbagai intervensi telah dilakukan oleh mahasiswa PBL FKM Unhas di Kelurahan Bonto Matene, antara lain edukasi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), penyuluhan manfaat olahraga dan aktivitas fisik, kampanye larangan merokok, serta kampanye larangan membuang sampah di sembarang tempat.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga kali PBL di Kabupaten Pangkep ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Bonto Matene dan memenuhi indikator SDGs, terutama dalam bidang kesehatan dan keberlanjutan lingkungan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif yang signifikan.

“Hasil evaluasi kegiatan PBL di Kelurahan Bonto Matene menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif yang mengarah pada pencapaian agenda SDGs,” ujar Muhammad Rachmat, dosen pendamping mahasiswa PBL FKM Unhas.

Doc. Evaluasi Program (Istimewa)

Selain itu, mahasiswa juga melakukan rekonstruksi program untuk memberikan penguatan terhadap program pada PBL sebelumnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan Kelurahan Bonto Matene menuju terwujudnya SDGs yang ke-3, yaitu “Kesehatan dan Kesejahteraan”, yang bertujuan untuk memastikan kesehatan yang baik dan kesejahteraan bagi semua orang pada semua usia.

Dengan adanya kegiatan PBL ini, diharapkan bahwa Kelurahan Bonto Matene dapat terus berkembang dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan oleh SDGs.

Share :

Baca Juga

Berita

PKKMB FKM Unhas 2023: Mahasiswa Baru Menapaki Perjalanan Adaptasi dan Pengembangan Karakter

Berita

Mahasiswa Magister Kesehatan Lingkungan Melakukan Penyuluhan DBD dan Penyakit Zoonosis (Leptospirosis Dan Rabies) di MTS PP Geologi Perunggu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas mengadakan Workshop MBKM Mandiri dalam rangka Mendukung Implementasi Kurikulum 2023 (K-23)

Berita

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat agar Pentingnya Menguras Bak Air, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melaksanakan Penyuluhan secara Door to Door

Berita

Mahasiswa Universitas Hasanuddin Sukses Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Desa Mandalle: Upaya Konkrit Mendukung SDGs No. 12

Berita

Pelatihan Bibliometrik oleh Pusat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan (PS-MPK) FKM Unhas

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Gizi Seimbang dan Rembuk Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Remaja Putri untuk Cegah Anemia dan Bagikan Tablet Tambah Darah di SMPN 14 Tanabau, Selayar