Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 16:02 WIB

Mahasiswa KKNT Unhas Tanam Pohon Kelor dengan Media Polybag di Desa Bontosunggu

Doc. KKNT (istimewa)

Doc. KKNT (istimewa)

Sabtu 05 Agustus 2023 – Mahasiswa KKNT Universitas Hasanuddin Penurunan Stunting Gelombang 110 melakukan kegiatan penanaman pohon kelor yang berlokasi di Padang Selatan, Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari upaya yang dapat digunakan untuk menurunkan angka kejadian stunting dengan memanfaatkan daun kelor (Moringa oleifera).

 Muhammad Rachmat, DPK KKNT Unhas dan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat menjelaskan tentang berbagai kandungan dan keajaiban daun kelor. Daun kelor dikenal sebagai pohon ajaib (miracle tree) karena memiliki sejumlah manfaat dan kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan kalium. Kandungan za gizi yang lengkap pada daun kelor tersebut dapat dijadikan sebagai sumber zat gizi lengkap yang dapat ditambahkan dalam pengolahan makanan bagi anak dalam masa pertumbuhan.

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Kegiatan penanaman pohon kelor merupakan adalah salah satu program kerja individu yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN, yaitu Mutmainnah dari Program Studi Biologi FMIPA selaku penanggungjawab. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Posko 2 dan melibatkan beberapa masyarakat di Dusun Padang Selatan. Dipilihnya daerah Padang sebagai lokasi penanaman pohon kelor bukan tanpa sebab. Daerah Padang tersebut merupakan daerah yang berada di pesisir pantai sehingga sangat sulit untuk melakukan penanaman kelor langsung di tanah.  Kalau pun berhasil tumbuh maka daun dan buah yang dihasilkan akan pahit, maka dari itu penanaman menggunakan media tanam berupa polybag. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses tanaman kelor yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Sebagai salah satu upaya solusi dalam rangka intervensi gizi terhadap masyarakat untuk pencegahan stunting.

Baca Juga  Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Pemberdayaan Keluarga, Menuju Rumah Sehat tanpa Kehadiran Asap Rokok

Daun kelor dapat digunakan sebagai sayuran daun seperti layaknya bayam ataupun sayuran daun lainnya. Daun kelor adalah sayuran kaya zat gizi, ekologis, dan ekonomis yang tersedia di hampir semua wilayah di Indonesia. Oleh karena itu pengembangan teknologi budidaya pada berbagai sistim tanam sangat diperlukan, termasuk pengembangan bertanam atau budidaya kelor dalam polybag.

Tanaman kelor yang dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah di daerah kering, jika dijadikan sebagai Tanaman kelor dalam polybag yang dipersiapkan dengan baik, maka kehadirannya di halaman atau pekarangan akan menjadi bentuk karya seni tersendiri. Khususnya pada daerah lahan kering akan sangat menguntungkan sehubungan dengan pemanfaatan air siraman yang lebih efisien dan menghadirkan hijauan yang meningkatkan suasana kesegaran di halaman rumah. Tanaman kelor yaitu mudah dirawat, tahan kekeringan dan daya adaptasi yang luas, serta dapat tumbuh pesat untuk menghasilkan daun sebagai hasil utama bertanam kelor dalam pot.

Baca Juga  Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Gelar PKKMB 2023: Memperkenalkan 7 Karakter Unggul Mahasiswa Baru

Kegiatan penanaman pohon kelor ini dimulai dengan pengambilan setek batang kelor di Dusun Tana Bau kemudian dilanjutkan dengan membuat 15 media tanam di dalam polybag yang berisi tanah dan pupuk kompos, para mahasiswa dan dibantu oleh beberapa masyarakat padang selatan bergotong royong untuk melakukan penanaman kelor. Kelor yang telah ditanam akan dipantau pertumbuhannya sampai menghasilkan daun baru yang selanjutnya akan dibagikan kepada beberapa rumah di Dusun Padang yang mengalami kendala dalam menanam kelor disebakan oleh faktor tanah yang tidak mendukung. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memudahkan masyarakat padang untuk lebih mudah mengkonsumsi kelor.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Perkenalkan Makanan Kaya Zat Besi dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Lokakarya Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin: Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Kurikulum

Berita

Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa Wisuda 10 Santri RQSD Putri Angkatan I dan Terima 6 Santri Baru Angkatan II

Berita

Dosen FKM Unhas Perkenalkan Metode KAP Kepada Mahasiswa Unidayan Bau-bau

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Bimbing Ibu-ibu Desa Bontotangnga dalam Pembuatan Makanan Sehat: Bolu Kukus Daun Kelor

Berita

Mahasiswa Posko 4 PBL I FKM Unhas Gelar FGD di Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Berita

Sukses Menerapkan Metode Door-to-Door, Posko 9 Kelurahan Kalabbirang Praktik Belajar Lapangan (PBL) II, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Sosialisasikan Bahaya Merokok Dalam Ruangan

Berita

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Gelar Penyuluhan Pencegahan DBD dan Pembuatan Ovitrap