Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 20 Juni 2024 - 21:39 WIB

LD Al-Aafiyah FKM Unhas Bersama Pemerintah Desa Ulaweng Cinnong Siap Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

Doc. Tim PPK Ormawa (LD) AL-‘AAFIYAH FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Tim PPK Ormawa (LD) AL-‘AAFIYAH FKM Unhas (Istimewa)

Lembaga Dakwah (LD) AL-‘AAFIYAH FKM UNHAS bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Ulaweng Cinnong (Uci) bersiap mewujudkan Desa Sehat Aman Limbah di Desa Uci, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone. Hal ini diketahui saat “Seminar Awal” Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) 2024 yang dilaksanakan di Gedung Bulutangkis tepat di belakang Kantor Desa Uci, pada hari Kamis (20/6/2024).

Sebanyak 157 warga Desa Ulaweng Cinnong yang menghadiri Seminar Awal Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) LD AL-‘Aafiyah 2024, ini menunjukkan antusiasme warga sekitar dalam mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan PPK Ormawa di Desa Uci untuk mewujudkan Desa Sehat Aman Limbah.

Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Naimah Nasrun, S.KM turut menghadiri dan memaparkan materi pada seminar awal ini tentang regulasi terkait pengelolaan limbah domestik, organik maupun anorganik. Hal yang sama dilakukan oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Bone Jumriani yang memaparkan materi tentang masalah kesehatan yang timbul akibat pengelolaan limbah yang belum baik.

Ketua Pelaksana PPK Ormawa 2024, Rina Aryana menyebutkan bahwa sebanyak sebelas mahasiswa PPK Ormawa dari berbagai jurusan dan fakultas akan terjun melaksanakan program di Desa Ulaweng Cinnong. Judul program PPK Ormawa ini yaitu “Pengelolaan Limbah Mandiri dalam Mewujudkan Desa Sehat Aman Limbah di Desa Ulaweng Cinnong”.

Baca Juga  Departemen Epidemiologi FKM Unhas Menggelar FGD untuk Penyusunan Dokumen Pembukaan Prodi S3 Epidemiologi

“Saya berterimakasih kepada bapak Kepala Desa Ulaweng Cinnong dan jajarannya yang telah menjembatani di desa ini untuk melaksanakan program kami. Program ini merupakan pendampingan kepada masyarakat yang dilaksanakan Ormawa,” ungkapnya.

Tim Pokja Prestasi dan Pengembangan Talenta Unhas; Muh. Fajaruddin Natsir, S.KM., M.Kes mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Desa Uci merupakan kegiatan yang diseleksi secara nasional. Sebelumnya, LD AL-AAFIYAH FKM Unhas berhasil meraih pendanaan dalam tahap seleksi akhir Subproposal PPK Ormawa oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pada kesempatan ini, Muh Fajaruddin Natsir juga memaparkan terkait PPK Ormawa 2024 yang akan dilaksanakan di Desa Uci ini. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Ulaweng, Pemdes dan masyarakat Desa Uci. Sementara itu, Kepala Desa Uci, A. Ashar mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa PPK Ormawa 2024. Ia menyampaikan rasa terima kasih dan bangga atas kedatangan mahasiswa untuk melaksanakan program kerja di desanya.

Baca Juga  MEMBANGGAKAN!!! LD AL-AAFIYAH FKM UNHAS LOLOS PENDANAAN PPK ORMAWA TAHUN 2024

Ashar menyebutkan, sejumlah keterbatasan pengelolaan limbah masih ditemui di desanya. Seperti kurangnya pengetahuan atau pemahaman masyarakat tentang pengelolaan limbah yang baik dan sarana prasarana di desa. Ia berharap dengan kehadiran PPK Ormawa 2024, bekerjasama dengan pemerintah desa dan masyarakat dapat menjawab sejumlah keterbatasan tersebut. Sehingga program yang direncanakan akan berjalan sesuai harapan bersama.

Hal senada disampaikan oleh Pemerintah Kecamatan Ulaweng, Camat Ulaweng AM Aryananda. Ia mengucapkan terima kasih kepada PPK Ormawa 2024 yang telah menjadikan Desa Uci menjadi fokus. Ia mengapresiasi mahasiswa dan Pemdes Uci yang telah menjadi fokus dalam pelaksanaan program ini.

Menurut Aryananda, program yang dibawa mahasiswa atau PPK Ormawa FKM Unhas tentang pengelolaan limbah mandiri dalam mewujudkan desa sehat aman limbah sangat relevan dengan perkembangan zaman. “Tema yang diangkat sangat bagus dan relevan,” ungkapnya. Secara keseluruhan, kolaborasi ini tidak hanya membawa manfaat langsung dalam pengelolaan limbah di Desa Uci, tetapi juga memperkuat hubungan antara universitas, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menciptakan perubahan positif bagi lingkungan dan komunitas lokal.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa Posko 15 FKM Unhas Lakukan Seminar Akhir PBL I di Kelurahan Attangsalo untuk Prioritaskan Masalah Kesehatan

Berita

Posko 5 PBL II melakukan Kegiatan Penyuluhan terkait BBLR dan MP-ASI guna Membangun Fondasi Kesehatan Optimal di Kalangan Masyarakat

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Posko 29, Laksanakan Seminar Akhir PBL II di Kantor Desa Tamarupa

Berita

CIHCS FKM Unhas Sukses Dampingi Implementasi HCD di Provinsi Maluku

Berita

Tim BKKBN – Unhas Lakukan Pertemuan Lintas Sektor di Kabupaten Bantaeng

Berita

Posko 2 FKM UNHAS Menyelenggarakan Seminar Awal PBL II Dengan Fokus Pada Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan Di Kelurahan Balocci Baru

Berita

Tim PPK ORMAWA BEM FKM Unhas Adakan Seminar Program di Desa Bulu Cindea

Berita

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Pemberdayaan Keluarga, Menuju Rumah Sehat tanpa Kehadiran Asap Rokok