Home / Berita / Pendidikan / Regional

Selasa, 11 Juli 2023 - 14:02 WIB

Launching Purwarupa Human Centered Design di Puskesmas Taar Mendorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Tual

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Doc. Kegiatan (Istimewa)

Tual, 11 Juli 2023 – Pandemik COVID-19 telah memberikan dampak serius bagi sistem kesehatan, termasuk menurunkan angka cakupan imunisasi secara signifikan. Sayangnya, penurunan ini juga menyebabkan banyak anak-anak tidak mendapatkan layanan imunisasi yang seharusnya mereka terima. Untuk mengatasi permasalahan ini, Puskesmas Taar bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Tual, yang bekerja sama dengan Pemerintah Desa Taar, telah meluncurkan purwarupa berbasis Human Centered Design (HCD).

Kegiatan launching purwarupa ini berlangsung pada hari Selasa (11/7/2023) di Balai Serbaguna Desa Taar, dan turut dihadiri oleh para pemangku kepentingan, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, Kepala Desa Taar, BAPPEDA Kota Tual, kader posyandu, PKK, tokoh agama, dan tim Puskesmas Taar.

“Pendekatan Human Centered Design ini sangat baik, karena mampu mendorong semangat masyarakat untuk mengunjungi posyandu. Ini akan meningkatkan kesehatan masyarakat, dan Pemerintah Desa Taar siap berkomitmen membantu masyarakat dan puskesmas,” ungkap Pj Ohoi Taar.

Doc. HCD (Istimewa)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual berharap agar inovasi ini dipertahankan dan puskesmas tetap konsisten dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. “Puskesmas memiliki peran utama dalam menjaga kesehatan masyarakat agar tetap sehat,” tambahnya.

Kegiatan ini juga dilakukan bersamaan dengan aktivitas posyandu dan peresmian secara simbolik purwarupa yang telah dihasilkan. Beberapa inovasi yang diusulkan meliputi undian hadiah, ojek posyandu, grup WhatsApp untuk suami, dan pengumuman kegiatan posyandu melalui toa/microphone. Semua inovasi ini diharapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dapat mendorong peningkatan cakupan imunisasi rutin serta kunjungan ke posyandu di wilayah kerja Puskesmas Taar.

Perlu diinformasikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Implementasi Human-Centered Design (HCD) pada tiga kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Implementasi HCD ini didampingi oleh Pusat Studi Kota Sehat Indonesia atau Center for Indonesian Healthy Cities Studies (CIHCS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan UNICEF.

Muhammad Rachmat, perwakilan dari CIHCS FKM Unhas, menyatakan bahwa setiap pihak perlu berperan aktif dalam meningkatkan cakupan imunisasi rutin yang wajib di Indonesia. Vaksinasi adalah salah satu intervensi kesehatan yang terjangkau dan efektif dalam mencegah sejumlah penyakit, yang dikenal sebagai PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi).

Dengan adanya pendekatan Human Centered Design dan inovasi yang dihasilkan oleh Puskesmas Taar, diharapkan angka cakupan imunisasi akan meningkat, sehingga kesehatan masyarakat di Kota Tual akan semakin baik dan lebih terjaga.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Gelombang 110 Ajak Murid SD Desa Bontotangnga Gemar Makan Buah dan Sayur

Berita

Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator KAP Mentor Tim Pendamping Keluarga Regional Sulawesi

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Edukasi Sanitasi dan Pengelolaan Sampah untuk Penurunan Stunting di Desa Bontosunggu, Kepulauan Selayar

Berita

Mahasiswa Posko 2 PBL II FKM UNHAS dan Siswa SDN 4 Balocci Kolaborasi Sosialisasikan Lingkungan Bersih melalui Penyuluhan dan Pembuatan Ecobricks

Berita

Unhas Kerjasama dengan BKKBN Berikan Pelatihan Bagi Kader untuk Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting di Kabupaten Bantaeng

Berita

FKM UNHAS Gelar Yudisium September 2023: Penghargaan Bagi Alumni Terbaik dan Pesan Dekan untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Berita

Departemen K3 FKM Unhas dan Kalla Beton Adakan Penandatanganan MOA dan Presentasi Kolaborasi

Berita

Tingkatkan Pengetahuan HIV/AIDS pada Masyarakat, Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Adakan Nobar Short Film di Masjid Desa Panaikang sebagai Upaya Mendukung Tujuan SDGs ke Tiga