Home / Berita / Pendidikan

Selasa, 20 Juni 2023 - 09:50 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UNHAS berhasil mendapatkan Pendanaan Program Penguatan Kapasita Organisasi Kemahasiswaan (PPK-Ormawa)

Doc. Suluh Nusantara.id

Doc. Suluh Nusantara.id

PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) merupakan program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan melalui serangkaian proses pembinaan organisasi kemahasiswaan oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diawali dengan pengajuan proposal di tingkat internal universitas dan selanjutnya diseleksi hingga tingkat nasional oleh Kemendikbudristek. Proposal yang diajukan oleh Perguruan Tinggi merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Organisasi kemahasiswaaan.

Sebelumnya, sebanyak 23 tim dari berbagai Organisasi Kemahasiswaan Unhas yang mengusulkan sub-proposal PPK Ormawa tetapi hanya 16 tim yang berhasil lolos seleksi internal Unhas yang salah satunya merupakan BEM FKM Unhas. Pada tanggal 10 dan 11 Maret 2023, BEM FKM UNHAS mengikuti kegiatan workshop penyempurnaan Sub-Proposal PPK Ormawa Unhas bagi tim yang lolos seleksi internal yang diadakan melalui zoom pada hari pertama dan diadakan di Unhas Hotel & Convention pada hari kedua. Kemudian, melalui surat Seleksi Akhir Subproposal PPK Ormawa 2023 yang dikeluarkan pada 27 April 2023, Kemendikbudristek mengumumkan sebanyak 676 sub proposal dari berbagai perguruan tinggi yang layak mengikuti seleksi akhir nasional berdasarkan penilaian administrasi dan substansi sub proposal PPK Ormawa.

Baca Juga  Dosen FKM Unhas Kenalkan Metode KAP pada Mahasiswa UIT dalam Praktikum Promosi Kesehatan

Tim BEM FKM Unhas menjadi salah satu tim yang berhasil mencapai tahap seleksi akhir. Menindaklanjuti surat tersebut, pada Kamis, 4 Mei 2023, perwakilan tim BEM FKM Unhas yaitu Nur Afifah Mukhtar, Zakya Nur Halizhah dan Husnul Hidayah melakukan presentasi nasional atau seleksi akhir sub proposal PPK Ormawa dengan judul  “Pengembangan Desa Bulu Cendea sebagai Desa Sehat Winslow dalam Upaya Mendukung Pencapaian  SDGs” yang beranggotakan 15 orang mahasiswa angkatan 2019, 2020 dan 2021  yang berasal dari dua Program Studi S1 yakni Kesehatan Masyrakat dan S1 Ilmu Gizi, dibawa bimbingan dosen pendamping Muh. Fajaruddin Natsir, SKM, M.Kes. yang dilakukan via Zoom Meeting.

Kemudian, berdasarkan surat Penerima Bantuan PPK Ormawa 2023 yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek pada 14 Juni 2023 menyatakan bahwa BEM FKM Unhas sebagai penerima bantuan PPK Ormawa 2023 sebesar kurang lebih 40 juta  rupiah bersama 607 sub-proposal lainnya dari berbagai perguruan tinggi nasional.

Baca Juga  Inovasi Game Tebak Gambar:Posko 15 Attangsalo PBL II FKM Unhas sebagai Media Edukasi Dini HIV/AIDS pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Attangsalo untuk mendukung Pencapaian SDG’s 3

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes bersama Presiden BEM FKM Unhas Muhammad Resky Maulana menyampaikan selamat dan berharap dengan terselenggaranya PPK Ormawa, kapasitas dan kemampuan organisasi kemahasiswaan diharapkan akan lebih bermakna sebagai wadah mahasiswa mengembangkan soft skills sesuai yang diharapkan oleh pemerintah untuk menjadi SDM Unggul.

Sementara itu Dekan FKM Unhas Prof. Sukri Palluturi SKM, M.Kes, MSc.PH, PhD. Menyampaikan bahwa BEM FKM Unhas tahun ini mengukir sejarah baru karena pertama kalinya organisasi ini berhasil mendapatkan pendanaan melalui kegiatan seleksi nasional PPK Ormawa dan berharap kesempatan ini dimanfaatkan secara baik oleh BEM FKM Unhas untuk meningkatkan kapasitas seluruh pengurus dan anggotanya.

Share :

Baca Juga

Berita

Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator KAP Mentor Tim Pendamping Keluarga Regional Sulawesi

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Gizi Seimbang dan Rembuk Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Berita

FKM Unhas: Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka PMM 3 dan MSIB Batch 5 Kemdikbudristek

Berita

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat agar Pentingnya Menguras Bak Air, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melaksanakan Penyuluhan secara Door to Door

Berita

Cegah BBLR, Posko 30 PBL II FKM Unhas Lakukan Permainan Edukasi “Isi Piringku” pada Wanita Usia Subur (WUS)

Berita

Seminar Awal Mahasiswa PBL 2 Posko 12 FKM Unhas: Upaya Peningkatan Kesehatan di Desa Kabba

Berita

BIOSTATISTIK/KKB FKM UNHAS DETEKSI DINI KANKER SERVIKS: PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI BALLEANGIN, PANGKEP

Berita

Implementasi SDGs Desa melalui Intervensi Kesehatan Posko 19 PBL II FKM Unhas 2024 di Desa Pitu Sunggu