Home / Uncategorized

Rabu, 25 Juni 2025 - 13:46 WIB

Evaluasi Intervensi Edukasi Anemia oleh Posko 20 PBL III FKM Unhas di MTsN 4 Jeneponto

Desa Kapita, 25 Juni 2025 – Pada hari Rabu, 25 Juni 2025, mahasiswa Posko 20 Program Praktik Belajar Lapangan (PBL) III dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, melaksanakan evaluasi intervensi edukasi anemia yang sebelumnya telah dilakukan pada PBL II di MTsN 4 Jeneponto, Desa Kapita, Kabupaten Jeneponto.

Intervensi yang dievaluasi meliputi dua pendekatan:

  1. Intervensi fisik: pemasangan poster mengenai anemia di beberapa titik strategis sekolah, yang kemudian dievaluasi dengan observasi langsung via lembar checklist dan wawancara terhadap lima siswi tentang kondisi poster dan pemahaman isi pesan.
  2. Intervensi non-fisik: ceramah interaktif dan games edukatif bagi 20 siswi remaja putri. Evaluasi dilakukan dengan pemberian post‑test ulang, menggunakan soal yang sama seperti di PBL II, untuk menilai retensi pengetahuan mereka.
Baca Juga  Mahasiswa FKM Unhas Resmi Diterima untuk Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng

Meski kegiatan berlangsung saat masa libur semester, kegiatan ini tetap berjalan lancar berkat dukungan penuh dari pihak MTsN 4 Jeneponto. Guru-guru membantu memfasilitasi pengumpulan siswi, dan partisipasi aktif siswi sangat baik menunjukkan antusiasme mereka.

Keterkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)
Kegiatan ini mendukung pencapaian beberapa target SDGs, serupa dengan intervensi pada PBL II seperti yang dipublikasikan sebelumnya suluhnusantara.id+1suluhnusantara.id+1:

  1. SDG 3 – Good Health and Well‑being: mendukung peningkatan kesehatan remaja putri dan upaya pencegahan malnutrisi, termasuk anemia, sehingga selaras dengan target pengurangan prevalensi masalah gizi.
  2. SDG 4 – Quality Education: memberikan akses ke informasi kesehatan berkualitas melalui metode edukasi interaktif dan poster informatif, mendorong peningkatan literasi kesehatan di kalangan pelajar.
  3. SDG 5 – Gender Equality: pemberdayaan kelompok remaja putri melalui peningkatan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan nutrisi, memperkuat peran mereka dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga di masa depan.
Baca Juga  INTERVENSI PENYULUHAN STUNTING PADA SISWA KELAS VII dan VIII SMP dan MTs DDI KASSI

Dengan evaluasi ini, Posko 20 memastikan bahwa dampak intervensi tidak hanya bersifat jangka pendek, tetapi juga berkelanjutan. Aktivitas ini menjadi bagian komprehensif dari strategi pencegahan stunting dan peningkatan kualitas kesehatan remaja putri di wilayah sasaran.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Gelar Edukasi dan Pelatihan Cegah Stunting di Tamanroya sebagai Langkah dalam Mewujudkan SDGs

Uncategorized

EDUKASI VISUAL UNTUK CEGAH STUNTING: PEMANFAATAN POSTER DI SEKOLAH DAN POSYANDU DESA BARANA, KABUPATEN JENEPONTO

Uncategorized

Forma Kesmas Unhas Gelar Pelatihan KAP

Uncategorized

Transformasi Program Senam Ibu Hamil Menjadi Edukasi Pentingnya Senam Ibu Hamil : Upaya Mahasiswa FKM Unhas Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Ibu di Desa Pattiro, Kabupaten Jeneponto.

Uncategorized

Evaluasi Intervensi Poster Edukasi KEK: Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 27 Nilai Dampak Poster di SMPN 5 Tamalatea

Uncategorized

Camat Lilirilaja Sambut 49 Mahasiswa PBL I FKM Unhas

Uncategorized

Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan: Tim Medis Klinik FK-Unhas Gelar Sosialisasi Sekaligus Pemindahan FKTP Bagi Civitas Akademika FKM Unhas

Uncategorized

POSKO 22 PBL III FKM UNHAS ADAKAN EVALUASI PELATIHAN PEMBUATAN ECOBRICK DI SDN 10 BANGKALA