Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 15:11 WIB

Dies Natalis FKM Unhas ke-41: Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Doc. Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Istimewa)

Doc. Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Istimewa)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan salah satu rangkaian Dies Natalisnya yang ke-41 dengan tema “Ketahanan Bangsa Berbasis Inovasi dalam Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Emas 2045.” Melalui kegiatan pengabdian masysarakat di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Kegiatan yang dilakukan 14 Oktober 2023 ini mengadakan sebanyak 34 kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka peringatan ini.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyambutan dan penerimaan di Aula Kantor Camat Balocci, Kecamatan Balocci, Pangkep. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Camat Balocci, Lurah Balleangin, perwakilan puskesmas, serta masyarakat umum yang turut meramaikan momen bersejarah ini.

Pimpinan FKM Unhas, termasuk Dekan Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D, Wakil Dekan II Prof. Dr. Atjo Wahyu, SKM., M.Kes, dan Ketua GPM Prof. dr. Hasanuddin Ishak, M.Sc.,PhD, hadir dalam acara pembukaan ini bersama puluhan dosen dan tenaga kependidikan. Tidak kurang dari 120 mahasiswa dari program studi S1, S2, dan S3 dari 9 program studi yang berbeda turut meramaikan acara ini, menunjukkan semangat dan komitmen FKM Unhas untuk pengabdian masyarakat.

Baca Juga  Puluhan Tim Penjaminan Mutu Unhas Ikuti Pelatihan Audit Mutu Internal di Yogyakarta

Setelah pembukaan yang meriah di Aula Kantor Camat Balocci, kegiatan pengabdian dilanjutkan di berbagai lokasi di Kecamatan Balocci. Kegiatan-kegiatan ini melibatkan lokasi seperti Aula Kantor Lurah Balleangin, Masjid Syuhada 45, Posyandu Anggrek, Posyandu Harapan, Aula Puskesmas Balocci, SD 5 Padangtangalau, SMP 2 Balocci, dan MTs PP Geologi Perunggu.

Doc. Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Istimewa)

Sasaran kegiatan pengabdian ini termasuk ibu hamil dan ibu balita, kader kesehatan, siswa SD, SMP, dan Mts, serta masyarakat umum. Tujuan utama dari rangkaian kegiatan Dies Natalis FKM adalah untuk mewujudkan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat melalui peningkatan status kesehatan masyarakat dan berkontribusi dalam pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga  Inovasi Mahasiswa KKNT Unhas: 'Kelor Seduh' Melawan Stunting di Desa Bontosunggu, Selayar
Doc. Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D (Dekan FKM Unhas)

Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D, menegaskan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kerjasama dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Camat Balocci mengungkapkan rasa bahagia dan gembira menyambut kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa terus dilakukan di masa depan. Selain itu masyarakat sasaran dari kegiatan ini merasa bahagia dengan adanya upaya nyata FKM Unhas dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dengan semangat Dies Natalis, FKM Unhas telah memberikan kontribusi yang berarti dalam menggerakkan inovasi kesehatan dan medorong perubahan menuju Indonesia Emas 2045.

 

Share :

Baca Juga

Berita

TIM PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) FKM UNHAS MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Sosialisasi Rabies Secara Door to Door Di Desa Bontosunggu, Selayar

Berita

Mahasiswa Posko 1 PBL FKM Unhas Sukses Laksanakan Seminar Awal, Bahas Solusi SPAL sebagai Respons terhadap Poin 6 SDGs Air Bersih dan Sanitasi Layak

Berita

Posko 1 dan Posko 33 Kelurahan Balleangin Bersinergi Selenggarakan Seminar Awal PBL 1 FKM Unhas

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Lakukan Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Anak SD di Balleangin, Pangkep

Berita

Cegah anemia, mahasiswa PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri Di SMPN 3 Satap Tondong Tallasa

Berita

MP-ASI KAYA PROTEIN HEWANI CEGAH STUNTING: Magister Ilmu Gizi , Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Dosen Praktisi Mengajar, Hadirkan Pembicara dari PT Kalbe Farma dan PT InBody Corp Indonesia