Home / Berita / Pendidikan / Regional

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:43 WIB

Peningkatan Awareness HIV AIDS Di Desa Coppo Tompong Melalui Pemasangan Media Edukasi Poster Oleh Mahasiswa PBL II FKM UNHAS

Doc. Kegiatan Pemasangan Poster mengenai HIV AIDS di Desa Coppo Tompong (Istimewa)

Doc. Kegiatan Pemasangan Poster mengenai HIV AIDS di Desa Coppo Tompong (Istimewa)

Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan II dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) sukses melaksanakan kegiatan pemasangan media edukasi berupa poster mengenai HIV AIDS di Desa Coppo Tompong. Kegiatan ini dilakukan selama empat hari, mulai 14 hingga 17 Januari 2024, dengan penempatan poster di tujuh lokasi strategis di Desa Coppo Tompong.

Keberhasilan pelaksanaan intervensi ini dapat tercapai berkat dukungan maksimal dari para pemangku kepentingan yang terlibat. Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH, Ph.D, selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan ini. Begitu juga dengan Dr. Nurzakiah, SKM, MKM, sebagai Supervisor Posko 26, yang turut andil dalam memastikan kelancaran intervensi dan pencapaian tujuan yang diinginkan. Tidak kalah pentingnya, Kepala Desa Coppo Tompong, Bapak Makmur, juga turut serta dalam memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kegiatan ini. Partisipasi dan dukungan dari pihak desa merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan intervensi yang berdampak positif pada masyarakat.

Baca Juga  PBL1 Posko 1 Kelurahan Balleangin FKM Unhas: Identifikasi Masalah Kesehatan dan Kontribusi terhadap SDGs

Pemasangan poster dilakukan di empat Posyandu (Posyandu Samelang, Baronang, Cakalang & Titang), satu di Poskesdes, satu di Sekolah Desa Coppo Tompong, dan satu di Poskamling Kajuara. Inisiatif ini dimulai dengan kunjungan ke tujuh lokasi yang menjadi sasaran, di mana mahasiswa PBL II FKM Unhas tidak hanya melakukan pemasangan poster, tetapi juga berdiskusi dengan warga sekitar tempat pemasangan. Diskusi tersebut bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga poster agar dapat bertahan lama dan memberikan manfaat maksimal bagi warga sekitar.

Kegiatan ini memiliki tujuan utama, yaitu memberikan informasi yang komprehensif mengenai HIV AIDS kepada masyarakat Desa Coppo Tompong. Pemasangan poster di tempat-tempat strategis ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap risiko HIV AIDS, serta memberikan pengetahuan dasar mengenai pencegahan dan penanganannya.

Baca Juga  Membentuk Generasi Berkualitas tanpa HIV/AIDS, Posko 32 PBL II FKM Unhas Menggelar Penyuluhan dengan Media Booklet

Pemasangan media edukasi poster HIV AIDS ini sangat relevan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian Target 3.3 SDGs, yang menekankan pengendalian penyakit menular, termasuk HIV AIDS. Selain itu, upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat di bidang kesehatan juga mendukung Indikator 3.3.1 yang menuntut pengurangan insiden HIV AIDS.

Dengan dilaksanakannya Praktik Belajar Lapangan (PBL) II, harapan besar terletak pada kontribusi yang signifikan yang dapat diberikan oleh mahasiswa Posko 26 FKM UNHAS dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Fokus utama dari praktik ini adalah terkait pencegahan HIV AIDS di Desa Coppo Tompong, Kabupaten Pangkep. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan intervensi yang efektif, serta memberikan edukasi yang bersifat preventif dan informatif.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Tingkatkan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah melalui Praktik Belajar Lapangan II Posko 23: Kontribusi Positif terhadap Pencapaian SDGs di Desa Tamangapa, Pangkep

Berita

Walikota Parepare Buka Rapat Kerja Perdana AIPTKMI Regional Timur Periode 2023-2026

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Posko 29, Laksanakan Seminar Awal PBL 2 di Kantor Desar Tamarupa

Berita

Departemen K3 FKM Unhas dan Kalla Beton Adakan Penandatanganan MOA dan Presentasi Kolaborasi

Berita

FKM Unhas Gelar Edukasi Jajanan Sehat Bagi Siswa SDN Lakkang dalam Program Bina Desa

Berita

Launching Purwarupa di Puskesmas Watdek, Dorong Peningkatan Cakupan Imunisasi di Kabupaten Maluku Tenggara

Berita

Mengatasi Kualitas Fisik Air di Desa Bulu Tellue, Posko 32 PBL II FKM Unhas Melaksanakan Pelatihan dan Pembuatan Penjernihan Air Sederhana

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Melangkah Lebih Jauh dalam Peningkatan Bahasa Inggris Mahasiswa dengan Resmi Membentuk Winslow English Club (WEC)