Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 19 Januari 2024 - 10:40 WIB

Mendukung Tercapainya Tujuan SDGs Ke-3, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Intervensi Mengenai Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Vektor Lalat

Doc. Intervensi Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Vektor Lalat (Istimewa)

Doc. Intervensi Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Vektor Lalat (Istimewa)

Posko 33 Praktik Belajar Lapangan (PBL) II FKM Unhas lakukan kegiatan intervensi berupa Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Vektor Lalat. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Jumat, 19 Januari 2024 di Kantor Kelurahan Balleangin, Kabupaten Pangkep.  Intervensi tersebut dihadiri oleh staf kelurahan, kader posyandu, dan masyarakat Balleangin.

Berdasarkan hasil pengumpulan data pada PBL I sebelumnya, Posko 33 menemukan beberapa prioritas masalah yang menjadi fokus dan acuan pelaksanaan intervensi di PBL II. Salah satunya adalah terkait vektor lalat, dimana masih terdapat banyak lalat yang berkembang biak di rumah dan halaman rumah warga di Lingkungan Padangtangalau, Kelurahan Balleangin. Dengan adanya prioritas masalah tersebut, Posko 33 mengimplementasikan intervensi berupa edukasi terkait bagaimana cara pengendalian dan pencegahan vektor lalat.

Baca Juga  Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Gelar PKKMB 2023: Memperkenalkan 7 Karakter Unggul Mahasiswa Baru

Kegiatan dimulai sejak pukul 14.00 WITA dengan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat mengenai cara pencegahan dan pengendalian vektor lalat di sekitar lingkungan. Staf puskesmas yang ahli dalam entomologi menjelaskan berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh vektor lalat, serta proses perkembangbiakan lalat dan metode pencegahan yang efektif. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam mencegah dan mengendalikan vektor lalat di sekitar lingkungan mereka.

Kegiatan edukasi ini berhasil dilakukan dengan mendapatkan respon baik dari masyarakat yang menjadi sasaran program intervensi. Berdasarkan observasi langsung yang dilakukan oleh mahasiswa Posko 33 PBL II FKM Unhas terdapat  peningkatan pengetahuan bahaya dan tata cara pengendalian vektor lalat. Program intervensi ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target SDGs ke-3, yaitu kesehatan dan kesejahteraan. Target 3.3 yang menetapkan tujuan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit menular, termasuk usaha untuk membatasi penyebaran penyakit yang dapat ditularkan oleh vektor seperti lalat, menjadi bagian integral dari upaya ini.

Baca Juga  Mahasiswa PBL FKM UNHAS Posko 21 Cegah Hipertensi dengan Upaya Penyuluhan dorong Masyarakat Desa Punranga Menuju Gaya Hidup Berkualitas

Kegiatan intervensi dalam hal edukasi pencegahan dan pengendalian vektor lalat didukung dengan penyelenggaraan berbagai permainan, di mana para kader posyandu dan tokoh masyarakat ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi pemahaman masyarakat terkait pengendalian vektor lalat. Setelah games, dilanjutkan dengan diskusi langsung dengan pemateri tentang cara pencegahan lalat yang biasanya hinggap di tempat sampah. Selain itu, peserta juga diberi informasi mengenai langkah-langkah praktis yang dapat diambil untuk menjaga kebersihan lingkungan sehari-hari.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas di Desa Gantarang, Sinjai, Edukasi Pedagang Ayam Mengenai Sanitasi

Berita

Terus Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Update RPS dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM)

Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION PENYUSUNAN BUKU KURIKULUM DOKTOR BERBASIS RISET FKM UNHAS

Berita

Berantas Penyakit Tidak Menular : Mahasiswa Posko 9 Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Melakukan Deteksi Dini dan Penyuluhan Hipertensi Bersama Puskesmas Kalabbirang

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dalam rangka Dies Natalies FKM Unhas ke-41 Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Health System Sustainability and Resilience”

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Kelurahan Bone, Pangkep

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Posko 29, Laksanakan Seminar Akhir PBL II di Kantor Desa Tamarupa

Berita

Unhas Kerjasama dengan BKKBN Berikan Pelatihan Bagi Kader untuk Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting di Kabupaten Bantaeng