Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 15:11 WIB

Dies Natalis FKM Unhas ke-41: Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Doc. Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Istimewa)

Doc. Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Istimewa)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan salah satu rangkaian Dies Natalisnya yang ke-41 dengan tema “Ketahanan Bangsa Berbasis Inovasi dalam Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Emas 2045.” Melalui kegiatan pengabdian masysarakat di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Kegiatan yang dilakukan 14 Oktober 2023 ini mengadakan sebanyak 34 kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka peringatan ini.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyambutan dan penerimaan di Aula Kantor Camat Balocci, Kecamatan Balocci, Pangkep. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Camat Balocci, Lurah Balleangin, perwakilan puskesmas, serta masyarakat umum yang turut meramaikan momen bersejarah ini.

Pimpinan FKM Unhas, termasuk Dekan Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D, Wakil Dekan II Prof. Dr. Atjo Wahyu, SKM., M.Kes, dan Ketua GPM Prof. dr. Hasanuddin Ishak, M.Sc.,PhD, hadir dalam acara pembukaan ini bersama puluhan dosen dan tenaga kependidikan. Tidak kurang dari 120 mahasiswa dari program studi S1, S2, dan S3 dari 9 program studi yang berbeda turut meramaikan acara ini, menunjukkan semangat dan komitmen FKM Unhas untuk pengabdian masyarakat.

Baca Juga  Dosen FKM dan FKG Unhas Tingkatkan Pemahaman dengan Ikuti Pelatihan SPMI di Yogyakarta

Setelah pembukaan yang meriah di Aula Kantor Camat Balocci, kegiatan pengabdian dilanjutkan di berbagai lokasi di Kecamatan Balocci. Kegiatan-kegiatan ini melibatkan lokasi seperti Aula Kantor Lurah Balleangin, Masjid Syuhada 45, Posyandu Anggrek, Posyandu Harapan, Aula Puskesmas Balocci, SD 5 Padangtangalau, SMP 2 Balocci, dan MTs PP Geologi Perunggu.

Doc. Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Istimewa)

Sasaran kegiatan pengabdian ini termasuk ibu hamil dan ibu balita, kader kesehatan, siswa SD, SMP, dan Mts, serta masyarakat umum. Tujuan utama dari rangkaian kegiatan Dies Natalis FKM adalah untuk mewujudkan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat melalui peningkatan status kesehatan masyarakat dan berkontribusi dalam pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga  Mahasiswa Promkes FKM Unhas Lakukan Simulasi Implementasi Budaya Lokal pada Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Balleangin Kecamatan Balocci
Doc. Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D (Dekan FKM Unhas)

Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D, menegaskan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kerjasama dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Camat Balocci mengungkapkan rasa bahagia dan gembira menyambut kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa terus dilakukan di masa depan. Selain itu masyarakat sasaran dari kegiatan ini merasa bahagia dengan adanya upaya nyata FKM Unhas dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dengan semangat Dies Natalis, FKM Unhas telah memberikan kontribusi yang berarti dalam menggerakkan inovasi kesehatan dan medorong perubahan menuju Indonesia Emas 2045.

 

Share :

Baca Juga

Berita

FKM Unhas Menggelar Pertemuan Finalisasi Draft Penyelarasan Kurikulum Program Magister dan Doktor Tahun 2024

Berita

Peningkatan Kualitas Program Pelatihan Epidemiologi Lapangan melalui FETP CQI 2023

Berita

Posko 19 III FKM UNHAS Evaluasi Intervensi Penyuluhan HIV-AIDS melalui Permainan Ular Tangga di SMPN 1 Labakkang untuk Capai SDGs Poin ke-3

Berita

Posko 29 PBL FKM UNHAS, Gelar Intervensi Penyuluhan dan Demonstrasi Cuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir (CTPS) di SDN 19 Tamarupa

Berita

Tim Peneliti FKM Unhas dan Pemerintah Polewali Mandar Bersinergi Cegah AKI dan Stunting, Dukung SDGs Poin 2 dan 3

Berita

Universitas Hasanuddin Siap Mendirikan Program Studi Profesi Dietisien

Berita

Delegasi FKM Unhas Berpartisipasi Tunjukkan Kualitas Penelitian di APACPH 2023, Kuching, Sarawak, Malaysia

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM UNHAS Menggelar FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah