Home / Berita / Pendidikan / Regional

Minggu, 6 Agustus 2023 - 09:12 WIB

Pencapaian Luar Biasa 10 Tim PKM FKM Unhas dalam PKM Skema Insentif Tahun 2023

Doc. PKM Unhas (Istimewa)

Doc. PKM Unhas (Istimewa)

Makassar, 6 Agustus 2023 – Universitas Hasanuddin (Unhas) sekali lagi menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan unggulan dengan meraih prestasi gemilang dalam kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Insentif Tahun 2023. Dalam kompetisi yang bergengsi ini, tidak kurang dari 10 Tim PKM dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) berhasil meraih penghargaan tingkat nasional, mendorong Unhas menduduki peringkat ke-6 dalam daftar universitas dengan peraih PKM Skema Insentif terbanyak pada tahun ini.

Prestasi Unhas tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai institusi pendidikan terkemuka, tetapi juga menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam mendorong mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide inovatif. Dari total 14 Tim PKM yang berhasil meraih insentif pada tahun ini, 10 di antaranya berasal dari FKM Unhas, menegaskan FKM sebagai fakultas dengan kontribusi paling signifikan.

Prestasi 10 Tim PKM FKM Unhas mencakup dua kategori utama, yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT). PKM-AI memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggali lebih dalam hasil kegiatan akademik berkelompok dan menerjemahkannya dalam bentuk artikel ilmiah. Di sisi lain, PKM-GFT mengundang mahasiswa untuk merespon persoalan-persoalan aktual dengan cara yang inovatif dan futuristik, tidak terbatas pada batasan disiplin ilmu.

Baca Juga  Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Lakukan Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Anak SD di Balleangin, Pangkep

Tentu saja, prestasi ini tidak lepas dari peran penting dosen pembimbing dalam mengarahkan, mendukung, dan memotivasi mahasiswa. Berikut adalah daftar nama Ketua Tim PKM FKM Unhas yang berhasil meraih PKM Skema Insentif Tahun 2023, beserta dosen pendamping mereka:

  1. Ketua: Devi Amalia (PKM-AI); Dosen Pendamping: Dr. Syamsuar Manyullei, SKM, M.Kes, MSc. PH
  2. Ketua: Dewi Apriyanti (PKM-GFT); Dosen Pendamping: Dr. Apik Indarty Moedjiono, SKM, M. Si
  3. Ketua: Luthfiyah Azizah (PKM-AI); Dosen Pendamping: Marini Amalia, S.Gz., MPH
  4. Ketua: Andi Azisah Bari’ah Putri Irawan (PKM-GFT); Dosen Pendamping: Muh. Fajaruddin Natsir, SKM, M.Kes
  5. Ketua: Reski Fadilah Putri (PKM-AI); Dosen Pendamping: A. Wahyuni, SKM, M.Kes
  6. Ketua: Annisa Dwi Ananda (PKM-AI); Dosen Pendamping: Indra Dwinata, SKM., MPH
  7. Ketua: Rezky Iriani A (PKM-AI); Dosen Pendamping: Indra Dwinata, SKM., MPH
  8. Ketua: Suci Ramadhani (PKM-AI); Dosen Pendamping: Dr. Balqis, SKM, MSc.PH., M. Kes
  9. Ketua: Andi Alif Alfito Ashari (PKM-AI); Dosen Pendamping: A. Wahyuni, SKM., M.Kes
  10. Ketua: Evelyn Peterlim (PKM-GFT); Dosen Pendamping: Nurmala Sari, SKM., M.Kes.,MA

Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas, menyatakan, “Prestasi gemilang ini adalah bukti nyata potensi dan dedikasi mahasiswa FKM Unhas dalam berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras dan tekad kuat yang telah kalian tunjukkan. Teruslah berusaha untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.”

Baca Juga  POSKO 14 PBL II FKM UNHAS Menggelar Intervensi Kesehatan : Menanggapi 5 Prioritas Masalah Kesehatan di Desa Alesipitto

Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, M.Sc.PH, Ph.D, Dekan FKM Unhas, merasa bangga dengan pencapaian ini dan menyampaikan pesan inspiratif kepada mahasiswa FKM, “Pencapaian ini merupakan suatu tonggak bersejarah dalam perjalanan FKM Unhas. Keberhasilan 10 Tim PKM FKM Unhas adalah bukti nyata bahwa kalian memiliki potensi luar biasa untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia. Teruslah berkarya, jadilah pionir dalam inovasi, dan teruslah menginspirasi generasi berikutnya.”

Prestasi luar biasa ini tidak hanya mencerminkan keunggulan FKM Unhas, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi seluruh mahasiswa Unhas. Universitas Hasanuddin telah membuktikan dirinya sebagai tempat di mana ide-ide brilian berkembang dan berdampak positif. Pencapaian ini memperlihatkan potensi besar mahasiswa dalam mewujudkan perubahan nyata.

Share :

Baca Juga

Berita

Mendukung Tercapainya Tujuan SDGs Ke-6, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Intervensi Pembuatan SPAL Percontohan Secara Sederhana

Berita

Terus Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Update RPS dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM)

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Menggelar Aksi Penanaman Bibit Pohon Ketapang Kencana di Desa Bontotangnga

Berita

Dukung SDGs: Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Edukasi Pemanfatan Kelor pada Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Berita

Intervensi Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Posko 13: Pemberdayaan Keluarga, Menuju Rumah Sehat tanpa Kehadiran Asap Rokok

Berita

FKM UNHAS Sukses Menyelenggarakan Konferensi Internasional Secara Hybrid: The 1st ICEGH (International Conference On Epidemiology and Global Health)

Berita

Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Gizi:Praktek Pembuatan MPASI Berbasis Pangan Hewani Lokal di Posyandu Kecamatan Balocci Pangkep

Berita

Workshop Update RPS dan Proses Belajar Mengajar: Program Studi S2 Ilmu Gizi FKM Unhas Menghadirkan Kolaborasi dan Inovasi Tingkat Internasional