Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 3 Agustus 2023 - 16:45 WIB

Mahasiswa KKNT Unhas Perkenalkan Makanan Kaya Zat Besi dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di Desa Pamatata, Selayar

Doc. Kegiatan KKNT (Istimewa)

Doc. Kegiatan KKNT (Istimewa)

Mahasiswa KKNT Universitas Hasanuddin Gelombang 110 Tematik Penurunan Stunting Posko 01 Desa Pamatata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar telah menjalankan program kerja “Penyuluhan Tablet Tambah Darah Untuk Remaja Putri dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di SDI 55 Tinggisisila Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis, 03 Agustus 2023. Dalam kegiatan ini, 3 mahasiswa yang menjadi penanggung jawab yaitu Khaeratun Hisan, Ahmad Saiful Munir dan Al Fitri Sahwana.

Pelaksanaan program kerja ini diawali dengan penyuluhan cara pencucian luka gigitan anjing yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai tanda-tanda rabies pada anjing dan tata cara pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies.  Setelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan seputar Tablet Tambah Darah (TTD) untuk memberikan pengetahuan tentang gejala anemia, waktu konsumsi, makanan kaya zat besi, dan pentingnya konsumsi TTD pada remaja putri tingkat SD. Adapun sasaran dari program kerja ini yaitu siswa SD sebanyak 20 orang.

Mahasiswa KKN memilih siswa SD sebagai sasaran karena sebagai bentuk pencegahan sejak dini dan memberikan pemahaman tentang pentingnya tablet tambah darah untuk remaja putri dan tata cara pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies. Pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN karena telah memberikan edukasi mengenai pentingnya konsumsi tablet tambah darah untuk remaja putri dan terkhusus pada tata cara pencucian luka gigitan anjing rabies. Kegiatan diawali dengan sarapan pagi bersama para siswa-siswi SD yang dilaksanakan oleh pihak sekolah yang dirangkaikan dengan minum tablet tambah darah setelah sarapan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaikan kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Parangia.

Baca Juga  Tim Dosen FKM Unhas Adakan Pengabdian Masyarakat Workshop Perencanaan Strategis untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang

Khaeratun Hisan yang merupakan Mahasiswa KKNT Gel. 110 Tema Penurunan Stunting Unhas Posko 01 Desa Pamatata selaku penanggung jawab pada kegiatan ini mengatakan bahwa pentingnya edukasi dini cara pencucian luka gigitan anjing rabies sebagai bentuk pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies. Hal ini didasarkan salah satunya pada kondisi di wilayah Desa Pamatata pada khususnya dan Kabupaten Kepulauan Selayar pada umumnya yang menjadi kawasan dengan jumlah populasi anjing liar dan kepemilikan yang tinggi. Pertimbangan lainnya melihat tingkat pengetahuan masyarakat yang rata-rata belum mengenal yang mana dimaksud anjing rabies dan gejalanya.

Baca Juga  Tim PKM E-Health School Report Gelar Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMAN 7 Takalar

Muhammad Rachmat, DPK KKNT Unhas dan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat menjelaskan tentang penanganan darurat kasus gigitan anjing. Langkah penting yang harus dilakukan adalah mencuci luka gigitan anjing. Pencucian luka dengan menggunakan sabun merupakan hal yang sangat penting dan harus segera dilakukan setelah terjadi pajanan (jilatan, cakaran atau gigitan) terhadap HPR untuk membunuh virus rabies yang berada di sekitar luka gigitan.

Pencucian luka dilakukan sesegera mungkin dengan sabun di bawah air mengalir selama kurang lebih 15 menit. Pencucian luka tidak menggunakan peralatan karena dikhawatirkan dapat menimbulkan luka baru dimana virus akan semakin masuk ke dalam. Setelah itu, korban harus segera di bawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Share :

Baca Juga

Berita

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana FKM Unhas Hadirkan Pakar Healthy Cities Dunia dari Korea Selatan

Berita

Pelepasan Mahasiswa Program KKN Internasional di Fukuoka dan Internasional Student Exchange di Okayama University, Japan

Berita

Posko 21 PBL 2 FKM Unhas Menggelar Seminar Akhir PBL 2 : Pemaparan Hasil Intervensi Kesehatan di Desa Punranga

Berita

FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Juni Tahun 2023

Berita

Mahasiswa PBL III Posko 09 FKM Unhas Evaluasi Program Prioritas untuk Dukung Tercapainya SDGs di Kelurahan Tumampua

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Sosialisasi Penyakit Anjing Gila di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Kegiatan Sosial Operasi Phaco, RSUD Morowali bekerja sama Fakultas Kedokteran Unhas

Berita

Posko 32 PBL II FKM UNHAS Laksanakan Seminar Awal: Membahas Solusi Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Fisik Air di Desa Bulu Tellue Kecamatan Tondong Tallasa