Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 11 Januari 2024 - 16:19 WIB

Membentuk Generasi Berkualitas tanpa HIV/AIDS, Posko 32 PBL II FKM Unhas Menggelar Penyuluhan dengan Media Booklet

Doc. Penyuluhan Peningkatan Pengetahuan HIV/AIDS (Istimewa)

Doc. Penyuluhan Peningkatan Pengetahuan HIV/AIDS (Istimewa)

Jumat, 11 Januari 2024 – Posko 32 Praktik Belajar Lapangan (PBL) II telah menggelar penyuluhan peningkatan pengetahuan HIV/AIDS yang dihadiri oleh beberapa masyarakat desa Bulu Tellue yang termasuk dalam kelompok sasaran, yaitu berumur 17-65. Penyuluhan ini dilaksanakan di kantor Desa Bulu Telue, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.20 – 11.00 WITA.

Penyuluhan Peningkatan Pengetahuan HIV/AIDS merupakan upaya yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Bulu Tellue. Hal tersebut berangkat dari data yang didapatkan selama pelaksanaan Praktik Belajar Lapangan I, dimana masyarakat Desa Bulu Tellue memiliki pengetahuan HIV/AIDS yang tergolong rendah. Penyuluhan dilaksanakan dengan metode ceramah dan pembagian buku saku.

Penyuluhan berhasil dilakukan dengan respon peserta yang terlihat antusias. Hal ini didukung oleh penyuluhan yang dimuat oleh games yang menarik dan materi yang sangat informatif. Dimana games tersebut bertujuan untuk membangkitkan minat peserta dalam menerima materi. Sebelum penyuluhan juga dilakukan pre-test­ untuk mengukur pengetahuan awal peserta terkait HIV/AIDS. Kemudian juga dilakukan post-test setelah penyampaian materi yang bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman dan penerimaan peserta terhadap materi yang telah disampaikan. Kedua test tersebut secara garis besar bertujuan untuk mengukur sejauh mana penyuluhan berhasil meningkatkan pengetahuan atau pemahaman peserta.

Baca Juga  Membangun Kesehatan Generasi Mendatang: PBL II FKM UNHAS Lakukan Pencegahan BBLR melalui Edukasi Door to Door di Desa Coppo Tompong Kabupaten Pangkep

Penyuluhan ini memuat materi-materi seperti yaitu pengertian HIV/AIDS, faktor penyebab HIV/AIDS, kelompok yang rentan terkena HIV/AIDS, fakta tentang HIV/AIDS, serta pencegahan penularan HIV/AIDS. Dimana materi-materi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat umum. Penyuluha ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target SDGs yang ke-3, yaitu mencapai kehidupan sehat dan sejahtera. Hal ini disebabkan oleh penyuluhan yang dilakukan secara tidak langsung dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraaan hidup dengan menghindari HIV/AIDS. Dimana tujuan tersebut juga didukung oleh pengadaan booklet yang dibagikan kepada peserta sebagai alat untuk meningkatkan retensi informasi melalui pembelajaran visual dan pemberian materi dalam bentuk yang dapat disimpan peserta. Pada lembaran terakhir booklet juga terdapat lembaran komitmen yang bertujuan untuk memotivasi dan mengingatkan peserta terhadap tanggung jawab mereka setelah sesi penyuluhan serta mendorong peserta untuk berkomitmen pada tindakan-tindakang positif agar terhindar dari HIV/AIDS.

Share :

Baca Juga

Berita

FKM UNHAS gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni Periode Juni Tahun 2023

Berita

Posko 31 PBL FKM UNHAS Sukses Menggelar Penyuluhan Dan Pembagian Buku Saku Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini

Berita

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Membahas Peluang dan Diskusi Kerjasama Penelitian dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas)

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Kembangkan Peta Sebaran dan Risiko Stunting di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Kelurahan Bone, Pangkep

Berita

Membangun Kesehatan Generasi Mendatang: PBL II FKM UNHAS Lakukan Pencegahan BBLR melalui Edukasi Door to Door di Desa Coppo Tompong Kabupaten Pangkep

Berita

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) PROGRAM STUDI KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS

OPINI

Rekomendasi Kebijakan (Policy Brief) dalam Implementasi Safety Leadership pada sektor Konstruksi yang disusun oleh A.Wahyuni, salah satu mahasiswa S3 Kesehatan Masyarakat FKM Unhas