Home / Uncategorized

Kamis, 26 Juni 2025 - 20:41 WIB

Intervensi Edukasi Tim Posko 5 PBL FKM Unhas di Jeneponto Tingkatkan Pengetahuan Remaja tentang Bahaya Rokok sebagai Dukungan SDGs 3.5 dan 3.9

Jeneponto, 26 Juni 2025– Evaluasi terhadap intervensi non-fisik dan intervensi fisik berupa penyuluhan dan pemasangan poster edukatif yang dilaksanakan oleh tim Posko 5 PBL FKM Unhas di SMPN 2 Bangkala Barat menunjukkan hasil positif. Intervensi edukatif bertema “Merokok Tidak Keren” ini terbukti meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya merokok, baik dalam jangka pendek maupun jangka menengah.

Penyuluhan dilaksanakan pada 24 Januari 2025 di ruang kelas VIII dengan peserta sebanyak 21 siswa. Pemasangan poster dilakukan di titik strategis pada sekolah tersebut, yaitu di dinding depan kelas dan dinding bagian luar sekolah. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh Tim Posko 5 PBL FKM Unhas. Tim Posko 5 PBL FKM Unhas terdiri dari, Dr. Balqis, SKM, M.Sc.PH., M.Kes. selaku dosen supervisor Posko 5, dan tujuh mahasiswa dari berbagai departemen di FKM Unhas: Apriliani Mustirah (Manajemen Rumah Sakit) sebagai Koordinator Desa, Andi Magfirah Ramadhani A. (Epidemiologi) sebagai Sekretaris, Alya Citra Ramadani (Kesehatan Lingkungan) sebagai Bendahara, dan empat orang lainnya sebagai anggota Posko 5 yaitu, Hanna Regina Cahyani Putri (Biostatistik), Fitrah Ramadhana (PKIP), Andi Muliasari (K3), dan Ria Ramadani (AKK). Program ini dirancang untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan  Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya SDG 3.5 yaitu mengurangi konsumsi tembakau dan zat adiktif lainnya, serta SDG 3.9 yaitu mengurangi paparan zat berbahaya bagi kesehatan. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil identifikasi masalah dalam Praktek Belajar Lapangan I, yang menunjukkan perilaku merokok sebagai salah satu masalah utama di Desa Tuju.

Baca Juga  SEMINAR AWAL PBL III FKM UNHAS DI DESA GUNUNG SILANU: POSKO 19 BAHAS EVALUASI PROGRAM KESEHATAN

Materi penyuluhan disampaikan melalui metode ceramah interaktif, didukung media powerpoint dan video animasi, serta dilengkapi dengan permainan edukasi dan pemasangan poster yang dipasang di lingkungan sekolah. Untuk mengukur efektivitas kegiatan, dilakukan evaluasi post-test pertama segera setelah penyuluhan, dan evaluasi lanjutan enam bulan kemudian, pada hari Kamis, tanggal 26 Juni 2025, melalui Google Form.

Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa. Nilai pre-test awal peserta hanya rata-rata 55,71, meningkat menjadi 75,24 setelah penyuluhan, dan naik kembali menjadi 77,62 pada evaluasi enam bulan kemudian. Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan tidak hanya berdampak sesaat, namun juga efektif dalam mempertahankan pemahaman jangka menengah.

Baca Juga  Games Edukasi: Cara Kreatif Mahasiswa Posko 4 PBL II FKM Unhas Tingkatkan Kesadaran Stunting pada Siswa SMPN 1 dan SMPN 8 Bangkala Barat

Selain penyuluhan, media pendukung seperti poster kampanye “Merokok Tidak Keren” juga dievaluasi. Poster yang dipasang di dinding depan kelas dan area luar sekolah masih dalam kondisi baik, mudah terbaca, dan strategis dalam menarik perhatian. Hasil wawancara menunjukkan bahwa 86% warga sekolah menganggap isi poster mudah dipahami, menunjukkan keberhasilan komunikasi pesan. Penempatan di lingkungan sekolah memungkinkan terjadinya paparan berulang (repeated exposure), yang dalam teori komunikasi kesehatan berkontribusi pada perubahan sikap secara bertahap.

Kepala Sekolah SMPN 2 Bangkala Barat, Irnawati Baharuddin, SE, menyampaikan apresiasi terhadap program ini, “Saya berharap penyuluhan yang dilakukan adik-adik mahasiswa ini dapat mengurangi kebiasaan merokok pada anak di bawah umur, sehingga mereka tidak rentan terhadap penyakit.” Dengan hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan skor pengetahuan siswa secara berkelanjutan, dapat disimpulkan bahwa penyuluhan yang dilakukan telah berhasil menjadi intervensi yang efektif, edukatif, dan berdampak nyata dalam upaya pencegahan merokok di kalangan remaja.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Aksi Nyata Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan III FKM UNHAS: Evaluasi Penyuluhan Anemia dan Buku Saku di Desa Kalimporo

Uncategorized

Mahasiswa Posko 3 PBL FKM Unhas Gelar Seminar Awal: Strategi Intervensi Kesehatan Berbasis SDGs di Kel. Bulujaya, Kec. Bangkala Barat

Uncategorized

Intervensi Kesehatan: Mahasiswa Posko 4 PBL II FKM Unhas Distribusikan Kalender Edukasi Stunting di Desa Barana, Jeneponto

Uncategorized

PBL III FKM Unhas: Evaluasi Intervensi Pengetahuan Stunting Pada Ibu Baduta Melalui X-Banner, Spanduk Informasi dan Video Edukasi oleh Posko 14 PBL II FKM UNHAS di Desa Tombo-Tombolo

Uncategorized

ECOBRICK FOR CHANGE : EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PEMANFAATAN ECOBRICK PADA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT SETEMPAT

Uncategorized

Posko 20 PBL II FKM Unhas: Anemia Awareness Fun Day untuk Remaja Putri di MTsN. 4 Jeneponto Dukung SDGs dan Cegah Stunting

Uncategorized

Eksplorasi Dampak E-Sports pada Kesehatan: General Lecture FKM Unhas Hadirkan Pakar dari Jepang

Uncategorized

Kreasi MP-ASI Kaya Protein Hewani: Departemen Ilmu Gizi Unhas Ajak Ibu Baduta di Desa Tamangapa Pangkep Manfaatkan Pangan Lokal