Home / Uncategorized

Sabtu, 4 Januari 2025 - 13:24 WIB

KKN Tematik Universitas Hasanuddin Gelombang 113 Posko 6 Gowa Desa Bolaromang Sosialisasi pengembangan produk lokal Sayur Bolaromang (SABORA)

Bolaromang, 04 Januari 2025 – Dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), SDGs 2 Zero Hunger dan SDGs 8 Decent Work and Economic Growth) pengembangan Sayur Bolaromang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat dan produk ini dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, atau memberdayakan petani dan pelaku usaha kecil.

Posko 6 terdiri dari 7 orang, di antaranya Muhammad Ryan Ariantha (Koordinator Desa),Andi Nia Rahmadani, Rabitha Al Islamia, Muh. Kurnia Qadri Ramadhan Z., Mikael Salenda, serta dua orang penanggung jawab kegiatan ini, yaitu Firza Faradita dan Febriana Risky Putri. Selain itu, tim ini dibimbing oleh Dosen Pengampu KKN, Saharuddin, S.IP., M.Si., yang memberikan arahan dan memantau persiapan intervensi yang dilakukan.

Baca Juga  Mahasiswa Posko 15 PBL FKM Unhas Gencar Edukasi KB di Jenetallasa: Cegah Stunting, Lahirkan Generasi Unggul

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat betapa pentingnya pengembangan produk local, membekali pelaku usaha dengan strategi inovasi produk dan pemasaran, mendorong penguatan ekonomi desa melalui optimalisasi potensi lokal.

Intervensi dilaksanakan pada 01 – 04 Januari 2025 di Kantor Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, dengan dihadiri oleh 12 peserta dari berbagai latar belakang, seperti ibu-ibu PKK, Pemuda, dan Pemerintah Desa.

Kegiatan ini meliputi:

  • Pengemasan logo dan merk Sabora
  • Pengenalan bahan bahan dan cara kerja dalam mengelola produk
  • Pre Test
  • Pasar Digital sebagai sarana pemasaran produk

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Muslim, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Bolaromang, yang membantu koordinasi dengan pihak setempat. Lokasi kegiatan bertempat di kantor Desa Bolaromang.

Baca Juga  Inisiasi Kolaborasi dengan FKM Unhas dengan GSPH SNU: Perkuat Kerja Sama Internasional dalam Bidang Kesehatan Masyarakat

. Pelatihan ini didasari banyak warga Khususnya ibu-ibu PKK, Pemuda, dan Pemerintah Desa, kurangnya pengetahuan mengenai pengembangan produk, pemasaran, dan inovasi kerap menjadi kendali bagi masyarakat desa untuk memaksimalkan potensi produk lokal tersebut dalam berkontribusi signifikan terhadap susahnya pasar, antara lain dengan:

  • Kurangnya daya tarik.
  • Harga dan pasar yang tidak ada dan mahal.

Kegiatan ini mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas harga dari suatu barang. Melakukan’ inovasi pada produk menjadi nilai tambah kepada pembeli. Dapat meningkatkan daya tarik pembeli untuk membeli produk dibanding belum dikelola.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Posko 6 Gowa Desa Bolaromang UNHAS, kunjungi akun Instagram kami di @kknt113unhas_desabolaromang.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Pentingnya Stimulasi dan Bahaya Pemberian Smartphone Pada Anak Usia Dini: Sebuah Penyuluhan Pola Asuh di Desa Balang Baru, Kec. Tarowang Kab. Jeneponto

Uncategorized

Dari Kampus ke Kelas: Mahasiswa PKKM Unesa X Unhas Hadirkan Program Kreatif untuk Siswa UPT SPF SD Negeri Lakkang Kota Makassar

Uncategorized

Dies Natalis FKM UNHAS ke-43: Kick-off Meriah Menuju Indonesia Emas 2045

Uncategorized

Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas dan Warga Desa Pa’rasangan Beru Canangkan Program Care for Desa (CFD) sebagai Gerakan Bersama Cegah Stunting

Uncategorized

Gigi Kuat, Senyum Hebat: Penyuluhan Kesehatan gigi dan mulut di seluruh Sekolah dasar di Desa Balang Baru Kec. Tarowang Kab. Jeneponto

Uncategorized

Posko 20 PBL II FKM Unhas: Edukasi MP-ASI Berbahan Pangan Lokal untuk Dukung SDGs dan Pencegahan Stunting di Desa Kapita, Jeneponto

Uncategorized

Mahasiswa KKNT Unhas Desa Saotengnga, Sinjai, Berikan Pendampingan Uji Laboratorium dan Labelisasi Pupuk Organik

Uncategorized

Piring Sehatku