Home / Berita / Pendidikan / Regional

Senin, 15 Januari 2024 - 17:56 WIB

Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan 2 Posko 23 FKM Unhas Melaksanakan Program Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi dalam Upaya Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs): Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui di Desa Tamangapa, Kabupaten Pangkep

Doc. Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Istimewa)

Doc. Penyuluhan dan Praktik Pijat Laktasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Istimewa)

Tamangapa, 15 Januari 2024 – Dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu hamil dan menyusui, sebuah program inovatif yang berfokus pada penyuluhan dan praktik pijat laktasi telah dilaksanakan di Desa Tamangapa, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep.

Dengan upaya untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), mahasiswa PBL 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin membawa inovasi melalui program ini, yang secara khusus ditujukan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pijat laktasi kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Pijat laktasi dianggap sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan produksi ASI dan kesejahteraan ibu serta bayi.

Baca Juga  Mahasiswa S3 Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas raih juara 1 Kategori Rintisan dalam Kegiatan Talenta Wirausaha

“Besar harapan bahwa program ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak dan program ini dapat diimplementasikan secara mandiri” ucap penanggung jawab program, Nadya Dwi.

Program ini diimplementasikan di Poskesdes Butiti, Desa Tamangapa dengan dihadiri oleh sejumlah kader kesehatan dan bidan desa, sebagai upaya nyata kerjasama pusat kesehatan masyarakat untuk mendukung peningkatan kesehatan. Harapannya, program ini tidak hanya memberikan manfaat sekarang, tetapi juga menciptakan perubahan positif jangka panjang dalam hal kesehatan dan kesejahteraan.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan menyusui dengan mendorong praktik pemberian ASI eksklusif untuk memberikan nutrisi optimal kepada bayi, mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, sesuai dengan target SDGs 3.4. Selain itu, program ini diharapkan mampu memberikan dampak positif melalui edukasi dan tindakan nyata. Pemberian pengetahuan dan praktik ditujukan untuk menambah pengetahuan ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga  TIM PENGABDIAN MASYARAKAT FKM UNHAS GELAR KEGIATAN EDUKASI MENGENAI PENGELOLAAN SAMPAH DAN METODE ECO-BRICK DI DESA PARENRENG

Dengan adanya program ini, diharapkan kesehatan ibu hamil dan bayi di Desa Tamangapa dapat ditingkatkan, menciptakan generasi masa depan yang lebih sehat dan kuat.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 110 Kembangkan Aplikasi “StuntingCare” Dukung Penurunan Stunting di Selayar

Berita

Pemasangan Papan Wicara sebagai Intervensi Perilaku Merokok di Kelurahan Bonto-Bonto : Menuju Masyarakat Sehat

Berita

Prodi S2K3 FKM Unhas adakan Penyambutan Mahasiswa Baru

Berita

Seminar Series, FKM Unhas Menghadirkan Pembicara dari U.S. CDC Indonesia

Berita

Posko 28 PBL II FKM UNHAS Sukses Selenggarakan Seminar Awal, Menghadirkan Program Edukasi Kreatif dan Pemanfaatan Teknologi Untuk Mencegah HIV/AIDS

Berita

Puncak Kegiatan Praktik Belajar Lapangan II, Mahasiswa FKM Unhas Gelar Exploring Creativity 2024

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Sosialisasi Dampak Negatif Pernikahan Dini di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Lakukan Penyuluhan dan Pembagian Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri di Desa Pamatata, Selayar