Home / Berita / Pendidikan / Regional

Jumat, 12 Januari 2024 - 17:13 WIB

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Seminarkan Rencana Kegiatan di Desa Tompo Bulu, Kabupaten Pangkep

Doc. Seminar Awal Posko 4 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Seminar Awal Posko 4 PBL II FKM Unhas (Istimewa)

Sebelum memulai rangkaian kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Posko 04 Desa Tompo Bulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep terlebih dahulu diseminarkan di hadapan tokoh masyarakat dan warga setempat.  Kegiatan seminar awal ini bertempat di aula Kantor Desa Tompo Bulu pada hari Jumat, 12 Januari 2024.

Sebanyak tujuh mahasiswa FKM Unhas yang tergabung dalam Posko 04 sukses menggelar seminar awal rencana kegiatan PBL II berkat dukungan dari dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Sukri Palutturi, SKM, MKes, MScPH, PhD dan Muhammad Rachmat, SKM, MKes selaku supervisor Posko 04.

“Kami telah membekali mahasiswa dengan berbagai metode partisipatif yang dapat dipilih sesuai kondisi di lapangan,” ujar Muhammad Rachmat, SKM, MKes yang merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Baca Juga  Berkah Ramadan, Prodi S2K3 FKM Unhas Raih Predikat Unggul

Antusiasme peserta seminar tergambar dari kehadiran sebagian besar tamu undangan mulai dari perangkat desa dan jajarannya yakni ketua BPD, Kepala setiap dusun, Kepala RK, jejaring Puskesmas, kader dan bidan penanggung jawab posyandu. Peserta kegiatan seminar awal juga menunjukkan respons yang sangat baik, yakni aktif mengajukan pertanyaan di sesi diskusi yang berkaitan dengan teknis kegiatan PBL II yang akan dilaksanakan selama 2 pekan di Desa Tompo Bulu.

Kegiatan seminar diawali oleh sambutan dari Ketua BPD Bapak Ismail Hamsah lalu dilanjutkan dengan laporan sekaligus pemaparan rencana kegiatan PBL II di Desa Tompo Bulu oleh Koordinator Posko 04 Alifia Dian Meiliyani Akil. Alifia menyampaikan bentuk-bentuk intervensi yang akan dilaksanakan, salah satunya adalah Emo Demo Bahaya Merokok dan Emo Demo Hipertensi.

Baca Juga  Posko 28 PBL II FKM UNHAS Sukses Selenggarakan Seminar Awal, Menghadirkan Program Edukasi Kreatif dan Pemanfaatan Teknologi Untuk Mencegah HIV/AIDS

Kegiatan yang menyasar masyarakat umum ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung pencapaian tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3 yaitu kesehatan dan kesejahteraan untuk semua, termasuk kepedulian masyarakat terkait bahaya asap rokok, merokok di dalam rumah, dan perokok pasif. Selain itu, pentingnya pola hidup sehat untuk masyarakat terkait pencegahan dan pengendalian hipertensi khususnya makanan tinggi natrium di wilayah pegunungan.

Pelaksanaan Praktik Belajar Lapangan (PBL) oleh mahasiswa Posko 04 FKM Unhas diharapkan memberikan kontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan di Desa Tompo Bulu melalui peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku menuju perilaku sehat.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Warga Ber-PHBS Melalui Pemasangan Poster

Berita

FKM Unhas Gelar Edukasi Jajanan Sehat Bagi Siswa SDN Lakkang dalam Program Bina Desa

Berita

Posko 1 dan Posko 33 Kelurahan Balleangin Bersinergi Selenggarakan Seminar Awal PBL 1 FKM Unhas
Pra Workshop (Istemewa)

Pendidikan

Pra Workshop Pemutakhiran Kurikulum K-23 Prodi S1 dan S2 Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas.

Berita

Penyuluhan Pentingnya Konsumsi TTD, Pembagian Kartu Kontrol TTD dan Pembentukan Kader TTD di Desa Panaikang sebagai Upaya Mendukung Tujuan SDGs ke Tiga

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Tingkatkan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah melalui Praktik Belajar Lapangan II Posko 23: Kontribusi Positif terhadap Pencapaian SDGs di Desa Tamangapa, Pangkep

Berita

Terus Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Update RPS dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM)

Berita

PENGENALAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI BIDANG PERTANIAN: MAHASISWA POSKO 21 PBL FKM UNHAS TERJUN LANGSUNG KE PETANI DI DESA PUNRANGA