Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 15 Juni 2024 - 19:46 WIB

Inisiasi Pengembangan Konsentrasi, S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Laksanakan FGD

Doc. Peserta Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Konsentrasi pada Program Studi S3 IKM FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Peserta Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Konsentrasi pada Program Studi S3 IKM FKM Unhas (Istimewa)

Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Prodi S3 IKM FKM Unhas) sukses menyelenggarakan kegiatan “Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Konsentrasi pada Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin”. Kegiatan yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Makassar ini berlangsung selama 2 hari, yaitu 14-15 Juni 2024.

Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk memfasilitasi setiap departemen di lingkup FKM Unhas untuk merumuskan mata kuliah konsentrasi beserta Rencana Pembelajaran Semester (RPS) masing-masing yang akan diusulkan dalam pengembangan konsentrasi Prodi S3 IKM FKM Unhas.

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Pendidikan Unhas, Ketua/Sekretaris Departemen, Dekan, Wakil Dekan, Ketua GPM, dan Kelompok Kerja Dosen (KKD), secara resmi dibuka oleh Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., M.Sc.PH., Ph.D selaku Dekan FKM Unhas.

Baca Juga  Dekan FKM Unhas Terima Kunjungan BAPANAS dan AIPGI, Teken Perjanjian Kerjasama Program Genius untuk 25.000 Siswa di 10 Provinsi

Mengawali kegiatan ini, Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed selaku Ketua Prodi S3 IKM FKM Unhas menyampaikan pentingnya mengakomodasi pembentukan konsentrasi serta memaparkan bobot SKS yang masing-masing harus dipenuhi oleh setiap departemen. Beliau juga megapresiasi dalam waktu yang singkat, setiap departemen telah mengusulkan daftar mata kuliah beserta kelengkapan RPS-nya. Ini menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mendukung pembentukan konsentrasi.

Doc. Ketua Prodi S3 IKM FKM Unhas (Istimewa)

Dalam sambutan berikutnya Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., M.Sc.PH., Ph.D mempertegas bahwa konsentrasi yang nantinya terbentuk akan mendukung pengembangan keilmuan di masing-masing departemen. Menutup paparannya, beliau menekankan agar setiap konsentrasi juga memastikan jumlah mahasiswanya mencukupi sehingga bisa efisien dari segi pembiayaan.

Sebelum memasuki agenda pemaparan daftar mata kuliah oleh masing-masing departemen, ada 2 materi yang diberikan. Materi pertama yaitu “Regulasi Kurikulum K-24 Program Doktor Unhas” yang dibawakan oleh Dr. Risma Illa Maulany, S.Hut., M.NatRest selaku Direktur Pendidikan Unhas dan materi kedua yaitu “Sejarah Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Pengembangannya” yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Nur Nasry Noor, MPH.

Baca Juga  Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL III di Kelurahan Bone, Pangkep

Memasuki kegiatan inti, setiap departemen diberikan waktu sekitar 30 menit untuk memaparkan daftar mata kuliah yang diusulkan beserta kelengkapan perangkat pembelajarannya. Ada 8 departemen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Departemen Biostatistik/KKB, Departemen Epidemiologi, Departemen Ilmu Gizi, Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (8 SKS), Departemen Kesehatan Lingkungan, Departemen Manajemen Rumah Sakit, dan Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Di akhir kegiatan semua departemen memfinalisasi rancangan RPS dan mengumpulkannya secara kolektif untuk dibahas lebih lanjut dalam proses pembukaan konsentrasi.

Share :

Baca Juga

Berita

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Dosen Praktisi Mengajar, Hadirkan Pembicara dari PT Kalbe Farma dan PT InBody Corp Indonesia

Berita

Pelatihan Bibliometrik oleh Pusat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan (PS-MPK) FKM Unhas

Berita

Kerjasama Pembinaan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi antara FKM Unhas dan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM UNHAS Menggelar FGD Pemuktahiran RPS Mata Kuliah

Berita

Posko 17- PBL II FKM Universitas Hasanuddin Melaksanakan Intervensi Penyuluhan “Bahaya Merokok Dalam Ruangan” dengan Metode Door to Door di Kelurahan Ma’rang, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Perkenalkan Makanan Kaya Zat Besi dan Cara Pencucian Luka Gigitan Anjing di Desa Pamatata, Selayar

Berita

Kualitas Proposal PKM 2024 Makin Dimatangkan, FKM Unhas Gelar Finalisasi Draft dan Submit Proposal PKM

Berita

Langkah Inovatif: Pemasangan Papan Wicara Terkait Penguraian Sampah dalam Mendorong Kesadaran Lingkungan di Desa Punranga