Home / Berita / Pendidikan / Regional

Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:41 WIB

FKM Unhas Lanjutkan Semangat PKKMB dengan Penanaman Bibit Pohon (Ketapang, Kencana & Tabebuya) dan Gerakan Unhas Hijau

Doc. Penanaman Bibit Pohon (Ketapang, Kencana & Tabebuya) dan Gerakan Unhas Hijau (Istimewa)

Doc. Penanaman Bibit Pohon (Ketapang, Kencana & Tabebuya) dan Gerakan Unhas Hijau (Istimewa)

Makassar, 15 Agustus 2023 – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (PKKMB) sebagai kelanjutan dari PKKMB tingkat universitas. Tidak hanya fokus pada pembentukan karakter, kegiatan ini juga menyertakan agenda penting dalam bentuk penanaman pohon di lingkungan FKM Unhas.

Doc. Penanaman Bibit Pohon (Istimewa)

Sebanyak 394 bibit pohon ditanam di beberapa lokasi strategis di seluruh area FKM Unhas, sejalan dengan jumlah mahasiswa baru FKM Unhas untuk tahun ajaran 2023/2024. Dalam upaya menciptakan momen istimewa, sepuluh bibit pohon (Ketapang, Kencana & Tabebuya) di antaranya ditanam secara seremonial bersamaan dengan pelaksanaan pembukaan PKKMB FKM Unhas pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, oleh para pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Dekan FKM Unhas (Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Sc. PH., Ph.D), Dr. Wahiduddin, SKM., M.Kes (Wakil Dekan Bid. Akademik & Kemahasiswaan), Prof. Dr. Atjo Wahyu, SKM., M.Kes (Wakil Dekan Bid. Perencanaan, Sumber Daya & Alumni), Prof. Anwar Mallongi, SKM., M.Sc., Ph.D (Wakil Dekan Bid. Kemitraan, Riset & Inovasi), Prof. dr. Hasanuddin Ishak, M. Sc., Ph.D (Ketua GPM-PR), Anwar, S.Sos M.Adm.,SDA (KTU), Dr. Indra Fajarwati Ibnu, SKM., M.Kes (Ketua Panitia PKKMB), Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Dr. Hasnawati Amqam, SKM., M. Sc dan Ketua Program Studi S1 Gizi Dr. Abdul Salam, SKM., M.Kes serta perwakilan mahasiswa baru Prodi S1 Kesmas dan S1 Gizi.

Baca Juga  Posko 21 PBL II FKM Unhas Melakukan Intervensi Kesehatan Berupa Pemasangan Poster “Kenali Kualitas Air yang Baik” di Desa Punranga
Doc. Penanaman Bibit Pohon (Istimewa)

Kehadiran mahasiswa baru dan seluruh komunitas akademika FKM Unhas turut memberikan semangat pada kegiatan ini. Mereka ikut serta dalam penanaman pohon sebagai wujud nyata dari komitmen terhadap lingkungan dan keberlanjutan. Representasi mahasiswa baru juga turut meramaikan acara tersebut, menunjukkan keseriusan dan antusiasme dalam mewujudkan gerakan Unhas Hijau yang diinisiasi oleh Universitas Hasanuddin.

Baca Juga  MEMBANGGAKAN!!! LD AL-AAFIYAH FKM UNHAS LOLOS PENDANAAN PPK ORMAWA TAHUN 2024

Gerakan Unhas Hijau bertujuan untuk mengajak para mahasiswa untuk mencintai lingkungan dan berkontribusi dalam pelestarian alam. Penanaman pohon bukan hanya sekadar simbolik, tetapi juga menjadi bagian dari komitmen nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Kegiatan ini sejalan dengan semangat PKKMB yang memperkenalkan karakter-karakter utama kepada mahasiswa baru, dengan menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Lebih lanjut, kegiatan penanaman pohon ini juga melibatkan mahasiswa baru dalam proses pemeliharaan bibit pohon yang telah ditanam. Ini mendorong partisipasi aktif dan kontinu dalam menjaga pertumbuhan dan kesejahteraan alam di kampus FKM Unhas.

Dengan adanya kegiatan penanaman pohon dan keterlibatan mahasiswa baru dalam gerakan Unhas Hijau, FKM Unhas mengukuhkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan kampus yang lestari dan berkelanjutan. Semua pihak diharapkan dapat berkolaborasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta menjadikan gerakan ini sebagai inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya dalam mewujudkan kampus yang ramah lingkungan.

Share :

Baca Juga

Berita

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan Yudisium terhadap 108 Wisudawan Program Sarjana, Magister, dan Doktor Periode Juli 2024

Berita

EKSPOR: Edukasi Kompos Sampah Organik di MTs Darul Kamal Mandalle, Desa Tamarupa, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan oleh Mahasiswa Posko 29 PBL 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin

Berita

Posko 31 FKM UNHAS Menggelar Seminar Awal PBL II: Sosialisasi Program Intervensi Kesehatan di Kelurahan Biraeng

Berita

Implementasi SDGs Desa melalui Intervensi Kesehatan Posko 19 PBL II FKM Unhas 2024 di Desa Pitu Sunggu

Berita

Dosen FKM dan FKG Unhas Tingkatkan Pemahaman dengan Ikuti Pelatihan SPMI di Yogyakarta

Berita

Departemen Biostatistik/KKB FKM Unhas Gelar Edukasi Antenatal Care Untuk Ibu Hamil dan Ibu Balita

Berita

FKM Unhas Adakan FGD untuk Rancang Konsep PBL 2023

Berita

FKM Unhas Gelar Edukasi Jajanan Sehat Bagi Siswa SDN Lakkang dalam Program Bina Desa