Home / Berita / Pendidikan / Regional

Kamis, 10 Agustus 2023 - 20:23 WIB

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Lepas Peserta Program Magang dan Pengajaran di Bawah Program Kampus Merdeka Belajar

Makassar, Kamis (10/8)- Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (UNHAS) mengadakan pelepasan peserta magang campus leaders program batch 7 dan kampus mengajar batch 6. Kedua program ini merupakan program kampus merdeka belajar yang telah diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan penyetaraan kegiatan setara dengan 20 sks.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan I FKM yaitu Dr. Wahiduddin S.KM, M. Kes dan Dekan FKM yaitu Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D. Kegiatan ini juga di hadiri oleh penanggung jawab Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FKM yaitu Basir, S.KM., M. Sc, dan Kepala Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) yaitu Dr. Shanti Rizkiyani S.KM, M.Kes.

Program Campus Leaders Batch 7 merupakan kegiatan yang digagas oleh Yayasan Bakrie Center Foundation (BFC) pada bulan Juli 2023 dengan merekrut 200 kandidat peserta magang melalui dua tahap, yaitu tahap administratif dan wawancara, dan 6 di antaranya diikuti oleh mahasiswa FKM Unhas dari 3 departemen berbeda yaitu Departemen Epidemiologi (Zakya Nur Halizhah – divisi perencanaan dan pengembangan program; Najwati Anggraeni – divisi perencanaan dan pengembangan program; Zalsah Puteri Annisa – divisi perencanaan dan pengembangan program; Gadis Ariqah Fahriyani Azhar – divisi komunikasi), Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) (Nur Sabrina Ashila Olii – divisi advokasi), dan Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Ardyansyah Saputra Basri- divisi advokasi).

Baca Juga  FKM Unhas:Raih Gelar Juara 1 dalam Lomba Bulutangkis antar Fakultas se-Unhas

Campus Leaders Program Batch 7 bertujuan untuk mengajak peran serta pemuda dan mahasiswa dalam upaya Percepatan Eliminasi TBC sebelum Tahun 2030 berbasis Komunitas di Sulawesi Selatan bersama Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB Sulsel) yang bergerak dalam mengkolaborasikan masyarakat sipil untuk kemanusiaan, kepedulian dan perhatian individu dan/atau masyarakat terdampak persoalan sosial kesehatan, khususnya Tuberkulosis. Selain itu, juga terhitung dapat meningkatkan kepemimpinan generasi muda dengan basis empati sosial sebagai upaya penanggulangan TBC di Sulawesi Selatan sehingga pencapaian target pemerintah nasional untuk mengeliminasi TBC pada tahun 2030 yang tertuang dalam strategi nasional penanggulangan TBC tahun 2021-2024 dapat tercapai.

Baca Juga  Kualitas Proposal PKM 2024 Makin Dimatangkan, FKM Unhas Gelar Finalisasi Draft dan Submit Proposal PKM

Sementara, untuk kegiatan kampus mengajar diikuti oleh satu mahasiswa dari Departemen Biostatistik/KKB (Afiqah Ariqah Kampus Mengajar SDN Inpres Bungasungu Gowa). Kedua kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu semester terhitung pada bulan Agustus-Desember 2023. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan di luar kampus yang diselenggarakan. Program Magang tersebut tidak hanya memberikan pengalaman magang praktis, tetapi juga melatih empati sosial peserta sehingga mampu menjadi pemimpin yang berempati.

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Edukasi Masyarakat Mengenai Pengolahan Sampah Melalui Media Poster untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Berita

Mahasiswa Posko 31 PBL III FKM Unhas Laksanakan Evaluasi Intervensi Penyuluhan Pemilahan Sampah dan Pembuatan Kompos Metode Takakura

Berita

Dihadiri Langsung oleh Lurah Bonto-Bonto, Posko 16 PBL II Sukses Melaksanakan Edukasi Bahaya Perilaku Merokok pada Pemuda di Kelurahan Bonto-Bonto

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Sosialisasi Dampak Negatif Pernikahan Dini di Desa Bontotangnga, Selayar

Berita

Tim Peneliti FKM Unhas dan Pemerintah Polewali Mandar Bersinergi Cegah AKI dan Stunting, Dukung SDGs Poin 2 dan 3

Berita

Tim Dosen FKM Unhas Adakan Pengabdian Masyarakat Workshop Perencanaan Strategis untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang

Berita

Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Training of Trainer KAP Unicef di Tangerang

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Edukasi Remaja Putri untuk Cegah Anemia dan Bagikan Tablet Tambah Darah di SMPN 14 Tanabau, Selayar