Home / Uncategorized

Sabtu, 25 Januari 2025 - 07:32 WIB

Edukasi Dampak Pernikahan Dini dan Pencegahan Stunting oleh Posko 25 PBL II FKM Unhas di SMPN 2 Tamalatea

Tamalatea, 25 Januari 2025 — Posko 25 PBL 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan edukasi dan pemasangan poster di SMPN 2 Tamalatea, Desa Borongtala, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 25 Januari 2025, pukul 08.00 hingga 11.00 WITA ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 8 terkait dampak pernikahan dini dan kaitannya dengan stunting.

Edukasi ini dihadiri oleh 40 siswa kelas 8 yang sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Kegiatan dimulai dengan pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan awal siswa terkait pernikahan dini. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek, seperti dampak pernikahan dini dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, dan kesehatan, serta keterkaitannya dengan stunting. Tim edukasi juga memaparkan langkah-langkah pencegahan pernikahan dini dengan menggunakan slide presentasi yang interaktif. Selain itu, kuis berhadiah menjadi bagian dari rangkaian kegiatan untuk menambah semangat siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.

Baca Juga  Mahasiswa Posko 4 PBL II FKM Unhas Pasang Papan Wicara Edukasi Dampak Pembakaran dan Pengelolaan Sampah di Desa Barana, Kabupaten Jeneponto

Setelah sesi edukasi, kegiatan dilanjutkan dengan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi. Kegiatan ini diakhiri dengan pemasangan poster edukasi di lingkungan sekolah agar pesan-pesan penting tentang dampak pernikahan dini dapat terus diingat oleh siswa.

Tim Posko 25 PBL 2 FKM Unhas terdiri dari 7 mahasiswa, yaitu Sahnas Azzahra sebagai Koordinator Desa (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), A. Adriyanti (Administrasi dan Kebijakan Kesehatan), Nabilah Azzahra A. Husein (Epidemiologi), Kayla Karina Putri (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), Irene Eunike Lebang (Administrasi dan Kebijakan Kesehatan), Muh. Fikri Haikal (Kesehatan Lingkungan), dan Nur Fadillah Az Zahra (Manajemen Rumah Sakit). Kegiatan ini juga mendapat bimbingan langsung dari supervisor A. Muflihah Darwis, SKM., M.Kes.

Baca Juga  Seminar Awal PBL I Resmi Digelar di Kelurahan Pajalesang: Mahasiswa FKM Unhas Siap Terjun ke Masyarakat

Program ini dirancang untuk mendukung upaya pemerintah dalam menekan prevalensi stunting serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-2, yaitu mengakhiri kelaparan dan segala bentuk malnutrisi pada tahun 2030. Dengan edukasi yang komprehensif dan pemasangan poster sebagai media pengingat, diharapkan pesan ini dapat terus diterapkan oleh para siswa di kehidupan sehari-hari.

Melalui kegiatan edukasi ini, diharapkan para siswa dapat memahami bahwa pernikahan dini tidak hanya berdampak pada masa depan individu, tetapi juga memberikan konsekuensi serius terhadap kesehatan dan kualitas hidup generasi mendatang. Program ini sekaligus menjadi bagian dari kontribusi mahasiswa FKM Unhas dalam upaya pembangunan kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah pesisir dan perdesaan.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Evaluasi Intervensi Penyuluhan Pernikahan Dini Tunjukkan Dampak Positif pada Siswa MTsN 3 Jeneponto Disusun oleh Mahasiswa Posko PBL III FKM Unhas di Desa Pattiro

Uncategorized

PBL 2 FKM Unhas: Posko 14 Gelar Seminar Awal untuk Program Kesehatan Tematik Stunting di Desa Tombo-Tombolo

Uncategorized

Forum KAP RCCE+ Dukung Pendampingan TPK BKKBN Zero Dose Immunization di Kabupaten Supiori

Uncategorized

Pemerintah Kecamatan Donri-Donri Sambut Mahasiswa PBL 1 FKM

Uncategorized

Mahasiswa FKM Unhas tingkatkan wawasan pada Pertemuan JITMM di Bangkok

Uncategorized

Perluas Jejaring Internasional, FKM Unhas Tandatangani MoU dengan Faculty of Natural Science Soon Chunhyang University

Uncategorized

Evaluasi Intervensi Edukasi MP-ASI Berbasis Pangan Lokal oleh Posko 20 PBL III FKM Unhas di Desa Kapita

Uncategorized

GUEST LECTURE, FKM UNHAS MENGHADIRKAN POSTDOC STUDENT DARI STANFORD UNIVERSITY, USA