Home / Uncategorized

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 18:48 WIB

Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Unhas Ikut Berpartisipasi dalam Pemeriksaan Kesehatan Dasar di Kegiatan Sabtu Bersih Bersama PJ Walikota Makassar di Puskesmas Bara-Baraya

Doc. Pemeriksaan Kesehatan dan Sabtu Bersih Puskesmas Bara Baraya (Istimewa)

Doc. Pemeriksaan Kesehatan dan Sabtu Bersih Puskesmas Bara Baraya (Istimewa)

Makassar, 05 Oktober 2024 – Mahasiswa magang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Rahma Humairah dibawah bimbingan Dosen Pendamping atas nama Rizky Chaeraty Syam, SKM., M.Kes serta Pembimbing Lapangan Nurauliah Rahmah, S.KM., M.Si turut berpartisipasi dalam kegiatan ”Sabtu Bersih” yang dilaksanakan di lingkungan Kelurahan Bara Baraya. Kegiatan ini menjadi bagian dari program rutin pemerintah kota untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Dalam kegiatan kali ini, PJ Walikota Makassar, Andi Arwin Azis, S.STP., M.Si., M.M melakukan kunjungan langsung untuk memantau pelaksanaan ”Sabtu Bersih” sekaligus berdialog dengan warga sekitar.

Selama kunjungan tersebut, Puskesmas Bara Baraya mengadakan pemeriksaan kesehatan dasar gratis kepada masyarakat yang hadir. Pemeriksaan meliputi cek tekanan darah, kadar gula darah, serta pemeriksaan kesehatan umum lainnya. Kepala Puskesmas Bara Baraya, dr. Hj. Roslyana Abu Bakar menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan kepada warga, terutama dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT Unhas Bina Baca Tulis Al-Qur’an Anaka TPA di Desa Kanrung, Sinjai
Doc. Kegiatan Sabtu Bersih di Kelurahan Bara Baraya (Istimewa)

“Kami berharap melalui kegiatan Sabtu Bersih ini, masyarakat dapat konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan agar kita semua dapat konsisten menjaga kebersihan lingkungan, terutama di sekitar kanal dan saluran drainase, Karena kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sangat menentukan kenyamanan dan kesehatan kita bersama.” ujar Andi Arwin Azis.

PJ Walikota Makassar juga mengapresiasi peran aktif Puskesmas Bara Baraya dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga kesehatan, dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. “Kesehatan lingkungan dan kesehatan pribadi adalah dua hal yang saling berkaitan. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus berjalan, dan warga Makassar dapat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan,” ungkapnya.

Kegiatan pemeriksaan dasar yang dilakukan oleh puskesmas diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan SDGs terkhusunya pada poin 3 yakni menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi segala usia. Deteksi dini melalui pemeriksaan kesehatan secrs rutin dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan dan mencegah angka kejadian penyakit. Disisi lain, kegiatan sabtu bersih yang tidak hanya berfokus pada kesehatan personal melainkan juga pada lingkungan. Promosi kebersihan lingkungan yang diarakkan pada kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan SDGs poin 6 yang bertujuan untuk menyediakan akses air bersih dan sanitasi sehat. Lingkungan yang bersih dapat membantu mencegah kejadian berbagai penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang buruk.

Baca Juga  Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Berkontribusi Dalam Penyuluhan “Bahaya Merokok Pada Anak Sekolah “ Puskesmas Tamalanrea, Dukung Pencapaian SDGs Indonesia

Warga Bara Baraya yang mengikuti kegiatan ini tampak antusias, tidak hanya berpartisipasi dalam gotong royong membersihkan lingkungan, tetapi juga memanfaatkan kesempatan untuk memeriksakan kesehatan.  Kegiatan Sabtu Bersih dan pemeriksaan kesehatan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungan, serta meningkatkan partisipasi aktif dalam program-program pemerintah kota Makassar.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Wisuda Santri Putri Angkatan 2 dan Penerimaan Santri Putri Angkatan 3 Yayasan Kesehatan Masyarakat Sahabat Dhuafa

Uncategorized

Dosen FKM Unhas Fasilitasi Praktikum Promosi Kesehatan Mahasiswa Universitas Mandala Waluya

Uncategorized

Kolaborasi FKM Unhas dengan UPM Malaysia dalam Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Sabun di Kampung Kera-Kera

Uncategorized

Forum KAP Dukung BKKBN RI dalam Pendampingan TPK di Kabupaten Pasangkayu

Uncategorized

Jurusan Kebidanan FKIK UIN Alauddin Ikuti Gelar Workshop Penyusunan Standar Mutu

Uncategorized

Pemantauan Status Gizi dan Edukasi Gizi Seimbang di MAN Pangkep: Sinergi UNHAS dan MAN Pangkep dalam Meningkatkan Kesehatan Remaja

Uncategorized

Persakmi Gelar Workshop Penyusunan Indikator Prioritas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Risiko

Uncategorized

FKM Unhas Dukung Penguatan Tata Kelola Program Kesehatan di Kabupaten Seram Bagian Timur