Home / Berita / Pendidikan / Regional

Sabtu, 15 Juni 2024 - 19:46 WIB

Inisiasi Pengembangan Konsentrasi, S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Laksanakan FGD

Doc. Peserta Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Konsentrasi pada Program Studi S3 IKM FKM Unhas (Istimewa)

Doc. Peserta Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Konsentrasi pada Program Studi S3 IKM FKM Unhas (Istimewa)

Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Prodi S3 IKM FKM Unhas) sukses menyelenggarakan kegiatan “Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Konsentrasi pada Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin”. Kegiatan yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Makassar ini berlangsung selama 2 hari, yaitu 14-15 Juni 2024.

Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk memfasilitasi setiap departemen di lingkup FKM Unhas untuk merumuskan mata kuliah konsentrasi beserta Rencana Pembelajaran Semester (RPS) masing-masing yang akan diusulkan dalam pengembangan konsentrasi Prodi S3 IKM FKM Unhas.

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Pendidikan Unhas, Ketua/Sekretaris Departemen, Dekan, Wakil Dekan, Ketua GPM, dan Kelompok Kerja Dosen (KKD), secara resmi dibuka oleh Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., M.Sc.PH., Ph.D selaku Dekan FKM Unhas.

Baca Juga  Delegasi FKM Unhas Berpartisipasi Tunjukkan Kualitas Penelitian di APACPH 2023, Kuching, Sarawak, Malaysia

Mengawali kegiatan ini, Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed selaku Ketua Prodi S3 IKM FKM Unhas menyampaikan pentingnya mengakomodasi pembentukan konsentrasi serta memaparkan bobot SKS yang masing-masing harus dipenuhi oleh setiap departemen. Beliau juga megapresiasi dalam waktu yang singkat, setiap departemen telah mengusulkan daftar mata kuliah beserta kelengkapan RPS-nya. Ini menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mendukung pembentukan konsentrasi.

Doc. Ketua Prodi S3 IKM FKM Unhas (Istimewa)

Dalam sambutan berikutnya Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., M.Sc.PH., Ph.D mempertegas bahwa konsentrasi yang nantinya terbentuk akan mendukung pengembangan keilmuan di masing-masing departemen. Menutup paparannya, beliau menekankan agar setiap konsentrasi juga memastikan jumlah mahasiswanya mencukupi sehingga bisa efisien dari segi pembiayaan.

Sebelum memasuki agenda pemaparan daftar mata kuliah oleh masing-masing departemen, ada 2 materi yang diberikan. Materi pertama yaitu “Regulasi Kurikulum K-24 Program Doktor Unhas” yang dibawakan oleh Dr. Risma Illa Maulany, S.Hut., M.NatRest selaku Direktur Pendidikan Unhas dan materi kedua yaitu “Sejarah Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Pengembangannya” yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Nur Nasry Noor, MPH.

Baca Juga  Mahasiswa FKM UNHAS meraih prestasi di Final The 2nd Indonesian Public Health Olympiad (IPHO)

Memasuki kegiatan inti, setiap departemen diberikan waktu sekitar 30 menit untuk memaparkan daftar mata kuliah yang diusulkan beserta kelengkapan perangkat pembelajarannya. Ada 8 departemen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Departemen Biostatistik/KKB, Departemen Epidemiologi, Departemen Ilmu Gizi, Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (8 SKS), Departemen Kesehatan Lingkungan, Departemen Manajemen Rumah Sakit, dan Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Di akhir kegiatan semua departemen memfinalisasi rancangan RPS dan mengumpulkannya secara kolektif untuk dibahas lebih lanjut dalam proses pembukaan konsentrasi.

Share :

Baca Juga

Berita

FKM Unhas Sukseskan Penyelenggaraan Kuliah Tamu Sebagai Agenda Awal Dari Rangkaian Kegiatan Road To Dies Natalis Ke-42

Berita

Mahasiswa FKM Unhas Gencarkan Penyuluhan Pencegahan Diare di Desa Kabba

Berita

Terus Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Update RPS dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM)

Berita

Mahasiswa KKNT Unhas Ajak Murid SD di Desa Pamatata Selayar untuk Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Berita

Peserta Training of Trainer KAP Unicef Indonesia Lakukan Praktik Lapangan

Berita

Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas di SMAN 9 Makassar: Pendampingan SUNSAGI (Sekolah Unggul Sadar Gizi)

Berita

FKM Unhas Gelar PPKMB Program Studi Doktor dan Magister Semester Genap 2023/2024

Berita

Perkuat Kompetensi Mahasiswa : FKM Unhas Gelar Sosialisasi MKPK Kepada Pengurus Lembaga Mahasiswa