Home / Uncategorized

Kamis, 6 Februari 2025 - 13:41 WIB

KKN Tematik Universitas Hasanuddin Gelombang 113 Posko 6 Gowa Desa Bolaromang Visualisasi Sejarah Desa Bolaromang Dalam Rangka Pelestarian Budaya Dan Kearifan Lokal Untuk Generasi Mendatang

Bolaromang, 06 Februari 2025 – Dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), SDGs 4, SDGs 11 dan 17 Dalam upaya melestarikan budaya dan kearifan lokal, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Hasanuddin melakukan program visualisasi sejarah Desa Bolaromang. Program ini bertujuan untuk mendokumentasikan sejarah desa, adat istiadat, serta nilai-nilai lokal agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Posko 6 terdiri dari 7 orang, di antaranya Muhammad Ryan Ariantha (Koordinator Desa). Andi  Nia Rahmadani, Faradita dan Febriana Risky Putri, Muh. Kurnia Qadri Ramadhan Z , Rabitha Al Islamia, serta penanggung jawab kegiatan ini Mikael Salenda. Selain itu, tim ini dibimbing oleh Dosen Pengampu KKN, Saharuddin, S.IP., M.Si., yang memberikan arahan dan memantau persiapan intervensi yang dilakukan.

Dengan memanfaatkan berbagai metode seperti wawancara dengan tokoh masyarakat, penelitian arsip, serta pemetaan situs bersejarah, para mahasiswa berhasil menyusun dokumentasi sejarah Desa Bolaromang dalam bentuk digital dan visual. Dokumentasi ini mencakup sejarah berdirinya desa, peran tokoh-tokoh penting, tradisi adat, serta cerita rakyat yang diwariskan secara turun-temurun.

Baca Juga  Dosen FKM Unhas Ikuti Workshop Penguatan Mutu AIPTKMI

Salah satu mahasiswa KKN, (Mikael Salenda), menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap pentingnya menjaga identitas budaya mereka. “Kami ingin agar sejarah dan budaya Desa Bolaromang tidak hilang ditelan zaman. Melalui dokumentasi ini, generasi muda dapat mengenal dan menghargai warisan leluhur mereka,” ujarnya.

Sekretaris Desa Bolaromang, (Muslim), menyambut baik inisiatif ini dan berharap dokumentasi yang telah dibuat dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran serta pengembangan desa wisata berbasis budaya. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin yang telah berupaya mendokumentasikan sejarah desa kami. Ini adalah langkah penting dalam menjaga dan mempromosikan kearifan lokal,” katanya.

Intervensi dilaksanakan pada 31 Desember 2024 – 06 Februari 2025 di wilayah desa, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, dengan dihadiri oleh beberapa masyarakat dari berbagai pemuda, tokoh adat dan Pemerintah Desa.

Kegiatan ini meliputi:

  • Wawancara
  • Penelitian Arsip
  • Dokumentasi Sejarah
Baca Juga  EDUKASI VISUAL UNTUK CEGAH STUNTING: PEMANFAATAN POSTER DI SEKOLAH DAN POSYANDU DESA BARANA, KABUPATEN JENEPONTO

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Muslim, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Bolaromang, yang membantu koordinasi dengan pihak setempat. Lokasi kegiatan bertempat di Wilayah desa.

Program ini juga sejalan dengan beberapa tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs), antara lain:

  1. SDG 4: Pendidikan Berkualitas – Memberikan akses informasi sejarah dan budaya sebagai bagian dari edukasi masyarakat.
  2. SDG 11: Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan – Melestarikan warisan budaya sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan.
  3. SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan – Menguatkan kerja sama antara universitas dan masyarakat desa dalam pelestarian budaya.

Dengan adanya visualisasi sejarah ini, diharapkan masyarakat Desa Bolaromang semakin bangga dengan identitas mereka serta terus menjaga warisan leluhur. Mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin juga berharap dokumentasi ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam upaya pelestarian budaya lokal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Posko 6 Gowa Desa Bolaromang UNHAS, kunjungi akun Instagram kami di @kknt113unhas_desabolaromang.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Mahasiswa Posko 12 PBL II FKM Unhas Melakukan Penyuluhan Bahaya Rokok serta Dampaknya bagi Perokok Pasif di Puskesmas Bangkala

Uncategorized

Seminar Awal Posko 29 FKM Unhas: Langkah Awal Menuju Desa Karelayu yang Lebih Sehat

Uncategorized

Edukasi dan Pemberian Buku Saku “Remaja Sehat Bebas Anemia dan KEK” Pada Siswi Madrasah Aliyah Allu

Uncategorized

Edukasi Pencegahan Pernikahan Dini: Upaya Meningkatkan Kesadaran Remaja di Kelurahan Bulujaya, Kabupaten Jeneponto

Uncategorized

Intervensi Kesehatan: Mahasiswa Posko 4 PBL II FKM Unhas Distribusikan Kalender Edukasi Stunting di Desa Barana, Jeneponto

Uncategorized

FKM Unhas Gelar Penjaringan Aspirasi Stakeholders dalam Rangka Penyusunan VMT dan Renstra Periode 2025-2029

Uncategorized

Evaluasi Program Takakura di Desa Pallantikang: Dorong Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Organik

Uncategorized

KUMAN PERGI, SEHAT DI HATI: EDUKASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) YANG BAIK DAN BENAR PADA IBU BADUTA