Home / Uncategorized

Kamis, 6 Februari 2025 - 13:41 WIB

KKN Tematik Universitas Hasanuddin Gelombang 113 Posko 6 Gowa Desa Bolaromang Visualisasi Sejarah Desa Bolaromang Dalam Rangka Pelestarian Budaya Dan Kearifan Lokal Untuk Generasi Mendatang

Bolaromang, 06 Februari 2025 – Dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), SDGs 4, SDGs 11 dan 17 Dalam upaya melestarikan budaya dan kearifan lokal, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Hasanuddin melakukan program visualisasi sejarah Desa Bolaromang. Program ini bertujuan untuk mendokumentasikan sejarah desa, adat istiadat, serta nilai-nilai lokal agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Posko 6 terdiri dari 7 orang, di antaranya Muhammad Ryan Ariantha (Koordinator Desa). Andi  Nia Rahmadani, Faradita dan Febriana Risky Putri, Muh. Kurnia Qadri Ramadhan Z , Rabitha Al Islamia, serta penanggung jawab kegiatan ini Mikael Salenda. Selain itu, tim ini dibimbing oleh Dosen Pengampu KKN, Saharuddin, S.IP., M.Si., yang memberikan arahan dan memantau persiapan intervensi yang dilakukan.

Dengan memanfaatkan berbagai metode seperti wawancara dengan tokoh masyarakat, penelitian arsip, serta pemetaan situs bersejarah, para mahasiswa berhasil menyusun dokumentasi sejarah Desa Bolaromang dalam bentuk digital dan visual. Dokumentasi ini mencakup sejarah berdirinya desa, peran tokoh-tokoh penting, tradisi adat, serta cerita rakyat yang diwariskan secara turun-temurun.

Baca Juga  Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Berkelanjutan, Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit FKM Unhas Menggelar Workshop Pemutakhiran Kurikulum

Salah satu mahasiswa KKN, (Mikael Salenda), menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap pentingnya menjaga identitas budaya mereka. “Kami ingin agar sejarah dan budaya Desa Bolaromang tidak hilang ditelan zaman. Melalui dokumentasi ini, generasi muda dapat mengenal dan menghargai warisan leluhur mereka,” ujarnya.

Sekretaris Desa Bolaromang, (Muslim), menyambut baik inisiatif ini dan berharap dokumentasi yang telah dibuat dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran serta pengembangan desa wisata berbasis budaya. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin yang telah berupaya mendokumentasikan sejarah desa kami. Ini adalah langkah penting dalam menjaga dan mempromosikan kearifan lokal,” katanya.

Intervensi dilaksanakan pada 31 Desember 2024 – 06 Februari 2025 di wilayah desa, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, dengan dihadiri oleh beberapa masyarakat dari berbagai pemuda, tokoh adat dan Pemerintah Desa.

Kegiatan ini meliputi:

  • Wawancara
  • Penelitian Arsip
  • Dokumentasi Sejarah
Baca Juga  Posko 21 Ajak Warga Bontomanai Ubah Sampah Jadi Kompos, Dukung SDGs 12

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Muslim, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Bolaromang, yang membantu koordinasi dengan pihak setempat. Lokasi kegiatan bertempat di Wilayah desa.

Program ini juga sejalan dengan beberapa tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs), antara lain:

  1. SDG 4: Pendidikan Berkualitas – Memberikan akses informasi sejarah dan budaya sebagai bagian dari edukasi masyarakat.
  2. SDG 11: Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan – Melestarikan warisan budaya sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan.
  3. SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan – Menguatkan kerja sama antara universitas dan masyarakat desa dalam pelestarian budaya.

Dengan adanya visualisasi sejarah ini, diharapkan masyarakat Desa Bolaromang semakin bangga dengan identitas mereka serta terus menjaga warisan leluhur. Mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin juga berharap dokumentasi ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam upaya pelestarian budaya lokal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Posko 6 Gowa Desa Bolaromang UNHAS, kunjungi akun Instagram kami di @kknt113unhas_desabolaromang.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

EVALUASI PROGRAM EDUKASI BAHAYA PAPARAN ASAP ROKOK: TINGKATKAN KESADARAN DAN PENCEGAHAN RISIKO STUNTING PADA ANAS SEKOLAH DASAR

Uncategorized

Mahasiswa Posko 25 FKM Unhas Tuntaskan PBL III lewat Seminar Akhir di Desa Borongtala

Uncategorized

Optimalisasi Edukasi Pencegahan Stunting: Mahasiswa PBL II FKM Unhas Perkenalkan Buku Saku sebagai Media Intervensi di Kelurahan Bulujaya

Uncategorized

Lima Bulan Pasca Edukasi, Mahasiswa FKM Unhas Lakukan Evaluasi Pengetahuan Kesehatan Lingkungan di Kelurahan Bulujaya, Kabupaten Jeneponto

Uncategorized

Pelatihan Penulisan Buku Berbasis Artificial Intelligence (AI) di FKM Unhas Dorong Inovasi Akademik dan Literasi Digital Dosen

Uncategorized

Hujan Lebat Ancam Perekonomian dan Pangan Warga Parangloe, Kota Makassar: Kegiatan EBL I Mahasiswa Gizi FKM Unhas

Uncategorized

Edukasi Audio-Visual Dinilai Efektif: Pengetahuan Perokok Pasif di Dusun Bontomanai dan Layu Meningkat

Uncategorized

Dukung Kesehatan Ibu Hamil: Posko 24 PBL II FKM UNHAS Distribusikan Kalender 1000 Hari Pertama Kehidupan di Desa Bontojai, Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto